Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Pengelolaan e journal hasil pelatihan di hotel ibis yogyakarta, penyelanggara umy dan dikti – Andy eko wibowo

Pengelolaan e journal hasil pelatihan di hotel ibis yogyakarta, penyelanggara umy dan dikti

Pengelolaan e- journal

Semua fungsional yang ada, semua proses yang ada di jurnal elektronik harus ada d, misal bagaimana artikel diterima (secara elektronik), formatnya pun harus elektronik, ketika melakukan review juga dilakukan secara elektronik, demikian juga untuk melakukan penetapan apakah diterima atau tidak sampai dipublikasikan, itu ada proses disistem tersebut. Klo sistem hanya mengunggah dan menampilkan, ini bukan dikategorikan bukan sebagai sistem kebutuhan E-jurnal…

Pada kesempatakan kali ini, praktikumnya kita menggunakan software yang grtatis,tidak berbayar.. OJS, kita bisa mengunduh, tanpa registrasi, dan boleh mengubah program yang ada didalam ..

Kita akan praktekkan, ada dua metode, ketika sekarang menggunakan OJS (pengelolaan elektronik, ), mungkin kita punya jurnal yang sudah terbit atau kemarinkemarinnya ada dalam bentuk cetak, karena kita ingin artikel yang dijurnal cetak kita publiskan, itu boleh sah sah saja, maka dengan metode back issue. Trus gimana catatan reviewnya???ya diunggah juga.!!!!apapun yang sudah diterbitikan dimedia cetak itu boleh diuunggah lagi,, agar jurnal kita begitu ada artikel artikel yang dulu, coba kita tampilkan lagi, kita berharp lebih banyak pengunjungnya, lebih banyak sitasinya….dan itu bagimana mengunggah artikel artikel pernah terbit di jurnal cetak itu menggunakan metode back issue.

Kita mengelola artikel mulai dari mendapaktkan manuskripnya secara online, dikelola juga secara online, sampai di publiskna juga secara online, maka semua prosesnya menggunakan aplikasi yang kita gunakan, ini menggunakan metode future issue…

Dua metode ini yang akan kita gunakan..

Klo secara normal, OJS worksflow..

Yang berperan di OJS ada penulis, editor, section editor, reviewer..

Bagaimana dengan back issue :

Penulis tidak lagi diminta untuk menggunggah… , terpaksa pengelola jurnal yang menggunggah. Kemudian dilakukan editor yang menggunggah.. Dan satu lagi yang berperan jurnal manager..

Pada prinsipnya yang berperan adalah keempat diatas. Klo melibatkan yang tidak normal, maka jurnal manager harus terlibat. Sebagai gambaran peran peran itu, klo kita punya e journal sistem (kita membutuhkan software dan kita instal, ini biasanya teman teman IT yang instal, ketika diinstal, kita punya situs e jurnal, satu situs itu tidak harus dimiliki secara utuuh oleh sebuah jurnal. Misal 10 jurnal, tidak harus instal di 10 server, cukup satu saja, satu situs saja, kemudian didalam situs jurnal dibuatlah jurnal jurnal sebanyak yang ada di perguruan tinggi bapak ibu. Maka nanti akan terbentuk 4 jurnal, setiap jurnal sama persis dengan yang kita kelola, secara cetak. Disitu ada seorang manager. Manager ini adalah orang yang paling berkuasa didalam jurnal itu, bisa mengganti tampilan, menambahkan tampilan apapun, pembuat sumua terbitan yang ada. Yang berkuasa itu disetiap jurnal . Jurnal manager A hanya bisa mengatur jurnal A, tidak bisa mengatur jurnal B, C, D. Ketika kita ngomong back issue, maka kita membutuhkan peran jurnal manager. Selain jurnal manager ada kewaenangan lain, jurnal manager akan membuat editor. Jurnal manager juga akan membuat reviewer. Dia juga akan membuat reader, penulis. Tapi biasanya reader dan penulis dapat membuatkan mendaftarkan secara amndiri, tapi untuk reviewer itu biasanya diundang…

Kita belajar akan 4 peran!!!!

Kita coba langsung praktek. Kita menggunakan metode yang pertama, kita melakukan unggahan terbitan yagn sudah terbit, dengan melalui metode back issue..

Mungkin metode back issue akan disampaikan oleh pak daniel !!!

Secara prinsip kedua metode adalah membuat tiga langkah :

  1. Membuat issue
  2. Mengedit isi
  3. Menerbitkan issue

Ketiga langkah ini tanggung jawab PIC editor.

Kita akan mulai di back issue dulu

Langkah 1. membuat issue

Gimana caranya kita mengundang seorang editor????kita log in sebagai jurnal manager dijurnalnya masing masing…

clip_image001

Kita pilih peran jurnal manager, kita klik editornya

clip_image002

Kita undang editor!!! Caranya kebagian bawah ada peran, atau rule., kita pilih editor maka muncul tampilan diatas.

Daftarkan pengguna yang usdah ada, pengguna baru, create new user.

clip_image003

Maka di isi lengkap, untuk keperluan akreditasi harus lengkap selengkap lengkapnya.

Kita klik send the user bla bla

Email di isi tempatnya email yang akan kita undang sebagai editor!!!klo sudah, untuk keperluan akreditasi bagian negara harus diisis, afialisasi harus di isi, klo sudah kita klik simpan.

clip_image004

Editor sudah kita buat, sekalian untuk sesi II, kita bikin reviwer sekalian

Oke ,,,sekarang kita belajar seabgai editor!! Logout yang atas, dan log in sebagai editor..

Oke kita belajar sebagai editor!!! Membua

Langkah pertama kita membuat iissue, tidak boleh dilakukan kita sudah punya artikel tapi kita baru dibuat issuenya…klo yang elektroinik, kita mestinya membuat issue itu duluan, dibuat duluan. Misal untuk tahun depan, dibuat sekarang.. Ini pekerjaan editor..

clip_image005

Klik create new issue

clip_image006

Karena ini back issue, maka buat yang tahun lampau..

clip_image007

untuk pelatihan ini cover g ada!!! Klo untuk beneraan, ada , disitu tempatnya!!!

Klik simpan,

Sekarang kita bikin issue satu kali lagi, tapi yang untuk future issue..tahunnya 2016 volume 16, nomernya 1

Maka kita sudah punya 2 issue (1 back issue , 1 futrue issue)

clip_image008

(jangan perhatikan yang vol 4 dan vol 20, karena itu orang lain yang juga lagi belajar, heheeheheh)

Kita udah bikin 2 ya, issuenya!!!!!

Klo sudah, kita kita menunggu jurnal manager untuk acc..

Misal kita ada yang jadi jurnal manager juga..

clip_image009

Banyak fiture, salah satunya adalah klik submit jurnal manager..silahkan klik import export data, disitu ada klik submit plug in..

clip_image010

Ini adalah plug in untuk menambahakan artikel..

Masuk quick sumbitm plugin data

clip_image011

Pilih artikel silahkan dipilih…

Klik unggah/upload.

Setelah selesai diunggah, muncul ukuran file dan tanggal yang kita unggah. Tanggal ini yang jadi indikator quick submit neh..tidak daring penuh..

Berikut nya kita isi meta data tentang artikel itu mulai dengan nama nama penulis, nama depan belakang, dan lengkap sekali…..

clip_image012

Title dan abstrak di isi sesuai gaya selingkung

Berikutnya kata kunci atau keyword, dipisah dengan titik koma, bukan koma.

Sesuaiakan dengan gaya selingkung, klo kecil ya kecil..

Lalu artikelnya pilih bahasa, bahasa apa??

Klo engglis en, indonesia id

Lembaga pendukung, adalah biasanya yang dapat hibah…

Referensi, daftar pustaka, silahkan di copy paste..ada yang g muncul reference, maka di setting tidak diaktifkan.. Biasakan daftar pustaka di isi, dilengkapi.. Klo ada IRCy yang diaktifikan, maka daftar pustaka ini digunakan untuk H indek kita.. Klo sudah simpan dan lanjutkan..

Kita sudah selesai , artikel added. Yang paling lama adalah langkah kedua!!!

clip_image013

Selamat…anda telah mellaui back issue..!!!!

Maka jrunal manager log out…maka langkah adalah menerbitkan issue, ini adalah secara prinsip Cuma 5 detik, wewenangnya editor!!!!!

clip_image014

Klik vol 10 nomer 2, cheif editor mestinya memeriksa ini, seperti versi cetak dulu, caranya cheif editor mengecek, disini ada terbitan pendahuluan, priview,, open in new tab.

Klo sudah di reviewe, maka kembali, maka publish..disitu ada klik publish…

Sekarang kita coba proses normal, artikel itu di submit menggunakan secara elektronik. Untuk itu perlu satu peran lagi yaitu adalah penulis atau autor..

Sekarang log out…

Pura puranya kita sebagai penulis..membuat akun dulu..

Klik register

clip_image015

clip_image016

Pastikan punya kewenangan sebagai pembaca dan sebagai penulis

clip_image017

Jadi dicentang semua ya..

Klik register..

Kita coba teruskan, maka si pembuat akun akan log in kedalam sistem, disitu menuju form beranda, ada satu kewewnangan, yang tercantum sebagai penulis…/autor, disini ada artikel yang aktif 0, karen abelum ada artikel yang dia kirimkan, dan sebelahnya 0 arsip, tidak ada satupun artikel yang masih baru. Kita coba melakukan pengiriman manuskrip dengan cara new subsmition..

clip_image018

Pada proses pengiriman artikel ada 5 tahap yang harus dilakukan oleh seorang penulis..tahap pertama adalah tahap mulai, dia memastikan harus semua yang diminta pengelola dipenuhi, disini ada ceklistnya, syarat yang harus dipenuhi oleh autor agar artikelnya dapat diproses pengelola jurnal..

clip_image019

Ini syarat yang ditetapkan oleh pengelola jurnal…

Pura puranya sekarang syaratnya terpenuhi, dicentang semua..kemudian klo sudah dicentang, maka dibawah ada komentar untuk editor, ini tidak lazim..

Maka akan masuk ke tahap kedua, menggungah filenya, naskahnya..

clip_image020

Ini biasanya naskah yang bisa di edit (format dok, atau lain – lainnya), silahkan file yang dimaksud…kemudian klik unggah..

clip_image021

Maka file akan dikirimkan ke server melalui internet, begitu di server akan dibaca meta data oleh server, dicatat, nama file, format, dan diunggah tanggal sekian..ini dicatat dalam database, kemudian file akan diberi nama oleh server secara otomatis agar tidak pernah sama nama file tersebut, didalam server akan disimpan seperti nama itu..klo udah muncul nama itu, file kita sudah amaan, kemudian klik simpan dan lanjtukan…

clip_image022

File ketiga kita diminta untuk mengentrikan meta data , silahkan dienterikan penulisnya siapa, email apa, judul apa , abastrak seperti appa, keywordnya apa, silahkan dientrereikana …..

clip_image023

Memasukkan file tambahan..file tambahan dimaksudkan mungkin ketika artiel bapak dan ibu membutuhkan file tambahan seperti artikel bapak dan ibu soal klaisfiikasi lahan, dan disitu ada pemataan klasifikasi citra sateleit menjadi peta lahan, dan perubahan dan itu diminta oleh pengelolanya, disyaratkan data yang diproses, disyaratkan untk diunggah…, nah cara mnya mengirinmkannya lewat file tambahan ini.. Anggap aja dalam pelatihan ini tidak ada, klik saja simpan dan lanjutkan

clip_image024

Ini tahap kelima adalah konfirmasi, anggap aja sudah benar, klik penyerahan selesai..

Begitu kita klik maka proses pengiriman naskah sebenarnya sudah selesai….dan disini klo si penggungah ingin melihat file yang sudah diiunggah, bisa klik penyerahan aktif..

clip_image025

Ada satu artikel yang bisa dikirimkan..

clip_image026

Status diatas artikel kita belum diapa apakan.

Sekarang tugas penulis selesai.

Sekarang tugas editor !!!!

Bola panasnya ada di editor..

Disini belum ditugaskan, ada artikel baru yang masuk, dan artikle baru tersebut belum diatapaka apakan..dan belum ada penugasan sama sekali.., belujm ada yang bertanggung jawab untuk

clip_image027

Ada judul yang belum didistribusikan ke editor….maka silahkan klik judul tersebut, kita harus menentukan siapa editornya..

clip_image028

Kita tunjuk kita sendiri sebagai pengelola artikel tersebut (klo belum terkenal.), kl udah terkenal pasti banyak sekali editornya..caranya tambahakan diri sendiri..

Add self, maka akan muncul editornya kita sendiri.. Ketika kita sudah ditunjuk, maka kita mulai memproses artikel tersebut..kita coba baca artikelnya,klo artikel itu jauh dari pokok bahasan dari jurnal kita, boleh kita langsung tolak (rejected to sumbation), disitu ada penelolakan dan langganan arsip..tapi pura puranya sekarang adalah sesuai dengan artikel kita,, klo udah sesuai, masuk ke yang biru, maka mencari reviewernya

clip_image029

Kita tugaskan reviewer, silahkan klik tinjauan atau rivewei…silahkandiklik untuk memilih reviewernya.

clip_image030

Klik peer reviewer maka silahkan klik select reviewr…maka akan daftar rewviwernya, misalnya yang ditugaskan siapa,, gitu..

clip_image031

clip_image032

Klik asign, setelah kita pilih , editor berkewajaiban memberi reviewer, maka tugasnya komunikasi secara defalut adalah email. Cara mengirim email, sudah disesiadakan gambar amplop silahkan diklik..

clip_image033

(tuh, yang ada amplopnya)

clip_image034

Sudah dibuatkan bahasa inggrisnya…

Ini sudah kita kirimkan, secara normal , klik tombol kirim, kmaka dikirim kealamat itu..

Di selebaran, kita sudah meminta beliau sebagai reviewer tanggal sekian..kemudian disini, belum ada responnya sama sekali.

Tugas sebagai editor sampai sini selesai..sekarang bola ada di reviewer….

clip_image035

Biasanya reviewer akan tahu judul dan abastrak cocok atau enggak, klo cocok, maka diklik akan melakukan reviewer

clip_image036

Diberi pilihan atau ditolak, purak puraknya diterima

Begitu diterima , maka si reviewer akan memberitahu editor,bahwa saya menerima, dan itu juga akan memberikan melalwui email, OJS membantu mengkonsep jawaban..

Disini ada tanggal berapa reviwer tersebut merespon permintaan editor, akan dicata didalam server, akapan menjawab, kapan merespon, responnya diterima, baru kemudian revierwrew mengunduh artikel lengkapnya atau dokumen lengkapnya..

clip_image037

Sireviewer dapat mengunduh dan diberikan komentar, komentar akan diberikan editor, cara mengenterikan komentar itu ada dibagian ketiga…

clip_image038

Klik nomer 3

clip_image039

Klo sudah merasa cukup, silahkan komentar disimpan..

Ada reviewer juga print dulu, lalu dicoret coret, Reviewer dapat juga upload coret coretannya , melalui hardcopy, dengan scan, atau foto .kita unggah sebagai tambahan di nomer 4.

Poin 5 harus memberikan rekomendasi, apakah artikel diterima, atau harus ada revisi, atau dll

clip_image040

Resubmit eslewhere artikel baik tapi tidka dijurnal ini, atau ditolak dengan tegas. Atau see comments deh..!!!

Pura puranya sekarang diterima, accept submission..

Lalu sumbit to reviewer editor…sekarang bola panas sudah dilempar dari reviewer ke editor..

Ketika sudah selsai, menyerahkan ke editor, maka akan tercatat hasil review dikumpulkan,. Semua proses tercatat didalam sistem, kita tidak perlu buku, sekretaris, untuk mencatat, semua ada diserver…

Log in editor

Ketika log in editor, dalam reviewer nya ada satu artikel

clip_image041

Klik in reviewe..

clip_image042

Kita coba klik yang kita tugaskan tadi ke reviewer..yang disitu kita muncul si reviewer telah memberikan rekomendasi kapan, dan kita lihat komentarnya dia..

clip_image043

Berdasarkan rekomendasi dari reviewer kita memutaskan apakah artikel ini maud iterima atau tidak..pura puranya kita terima saja..terima langganan..

clip_image044

Begitu klik Ok kita akan memutuskan tanggal sekian dengan keputusan ini…ketika sudah diterima biasanya pengirim /penulis berharap harap diterima, kita harus memberit ahu bahwapenulis diterima, silahkan kita klik dengan cara melalui email, silahkan dikklik gambaramplop, dan kita tinggal menambahkan keputusahn kami adalah !!!!diterima atau ditolak, silahkan kirim..

clip_image045

 

Proses editing……dan selanjutnya saya sudah g fokus, jadi g tak tulis ya…..

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*