Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Mengelola Sumber Pustaka menggunakan software zotero – Andy eko wibowo

Mengelola Sumber Pustaka menggunakan software zotero

 

Zotero sesungguhnya merupakan add-on dari browser mozilla firefox. Apa yang bisa dia lakukan terhadap sumber pustaka yang kita miliki ?

1. Zotero mampu Mengelola referensi kita secara praktis dan efisien. Para peneliti terkadang kesulitan mencari jurnal yang pernah dibacanya lagi, karena lupa nama penulis dan judul jurnal tersebut. Dengan zotero, hal ini dapat diminimalkan. Kita juga dapat langsung menyimpan sitasi dari website yang sedang kita buka secara cepat.

2. Zotero mampu membuat catatan kaki, catatan jejak, dan daftar pustaka dengan sekedip mata. Pada intinya zotero dapat secara otomatis menambahkan sitasi dan daftar pustaka di karya yang sedang kita tulis. Jika teman – teman sudah pernah menulis karya ilmiah, tentunya paham bahwa hal yang paling “menyebalkan” dalam menulis karya ilmiah adalah mencocokkan sitasi dengan daftar pustaka yang ada. So….zotero adalah jalan keluar dari hal paling “menyebalkan” ini.

3. Zotero mampu mengkoleksi sumber pustaka yang kita miliki bahkan mampu menggabungkan dengan sumber pustaka yang dimiliki oleh peneliti lain.

Cara install zotero sangatnya mudah, begitu pula cara penggunaannya. Berikut cara instalnya :

image

Lihat capture diatas :

1. Install zotero 4.0 for firefox (ikuti rangkaian prosesnya)

2. Allow add on tersebut

3. Install plugin for word or libreoffice

Setelah proses instalasi maka firefox kita akan muncul lambang Z di kanan atas seperti capture dibawah dan ribbon pada microsoft word kita akan tertambah riboon baru yakni add- ins (lihat capture dibawah).

image

image

Cara menggunakan software zotero untuk pengelolaan jurnal kita adalah sebagai berikut :

image

1. Kita lihat nomer 1 di capture diatas. Bagian tersebut adalah kunci dimana kita bisa mengelola sumber pustaka dalam folder – folder yang terkelompokkan.

2. Misal, kita mencari referensi melalui google cendekia (www.scholar.google.co.id) dan menemukan bahwa jurnal berjudul Sintesis 3-s-dikloro-4-hydroxy bla bla bla merupakan jurnal yang penting untuk kita baca, dan dapat dijadikan referensi, serta kemungkinan besar digunakan sebagai kutipan/ sitasi dalam karya kita. Maka kita dapat secara otomatis memasukkan kutipan tersebut ke dalam software zotero dengan mengklick kutip (akan muncul capture seperti dibawah) dan selanjutnya import ke RefMan.

image

image

Lihatlah capture diatas, maka kita sudah berhasil memasukkan data jurnal tersebut ke data base zotero, lengkap mulai dari nama jurnal, judul, penulis, tahun terbit, publasi, dan lainnya. Jika kita ingin memasukkan ringkasan / data penting ke dalam note jurnal tersebut juga bisa.

image

Nah….selamat, kawan – kawan telah berhasil mengelola referensi yang dimiliki. selanjutnya, bagaimana cara agar bisa digunakan sebagai catatan kaki alias daftar pustaka? Kita gunakan add ins yang ada di software office.

Contoh :

Didalam karya ilmiah kita akan mensitasi tulisan milik putuRetma tersebut.

 

Senyawa 3,5-DIKLORO-4-HIDROXYBENZALDEHYDE dapat disintesis dengan metode klorinasi pada suhu kamar.

Maka saya akan melakukan sitasi menggunakan add-ins yang ada di office seperti capture dibawah ini.

image

Senyawa 3,5-DIKLORO-4-HIDROXYBENZALDEHYDE dapat disintesis dengan metode klorinasi pada suhu kamar (PutuRetma et al., 2011)

Kita telah berhasil melakukan sitasi, untuk membuat daftar pustaka, maka gunakan icon nomer tiga dari kiri. Contoh :

image

Demikian cara menggunakan zotero, software yang kaya manfaat dan mudah penggunaannya.

1 Comment on Mengelola Sumber Pustaka menggunakan software zotero

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*