Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Efek Vitamin yang tertimbun dilemak – Andy eko wibowo

Efek Vitamin yang tertimbun dilemak

dear kawan- kawan….

kali ini kita akan membahas tentang berbahayanya vitamin yang tertimbun dilemak. Lho?? Kok bisa? kan vitamin itu bukan obat?

Siapa bilang tidak berbahaya!!!

Ada yang nyeletuk tiba – tiba, emang vitamin bisa tertimbung di lemak?

Tidak semua vitamin, ada beberapa vitamin yang bisa tertimbung dilemak karena dia lebih larut dalam lemak dan ada vitamin yang tidak bisa tertimbun dalam lemak (larut dalam air) karena dia mudah sekali untuk di ekskresi.

vitamin yang dapat tertimbun dalam lemak antara lain : vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K

sedangkan vitamin yang mudah terekskresi adlah vitamin selain yang disebutkan diatas, yakni B, C, dan apa lagi ya??

 

Nah….Bahaya kah vitamin yang tertimbun di lemak itu? kan dia bukan obat? kok bisa berbahaya?

Baiklah…akan kita bahas…….namun sebelumnya saya ingin menegaskan bawha vitamin itu sangat penting lho bagi tubuh, dan dia masuk ke tubuh kita secara utama melalui makanan dalam bentuk vitamin atau provitamin. So…..perlukah kita membutuhkan vitamin tambahan dari luar tubuh seperti obat vitamin secara khusus???

SESUNGGUHNYA, makanan yang cukup (kecuali pada daerah terjadi bencana kelaparan) yang tersedia saat ini sudah mengandung jumlah vitamin yang cukup, terutama pada orang dewasa yang sehat karena jumlah vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh sangat sangat sedikit. Dengan demikian, pemberian vitamin hanya dibutuhkan jika terjadi kesetimbangan negatif vitamin akibat :

1. Pasokan vitamin yagn tidak mencukupi (pada makanan) yagn tidak mencukupi atau makanan yang sejenis saja)

2. Peningkatan kebutuhan vitamin (misalnya pada bayi, selama hamil, dan menyusui)

3. Kurangnya absorpsi vitamin (misal saat menggunakan obat – obat tertentu yang berinteraksi dengan vitamin tubuh, sehingga tubuh kekurangan vitamin)

maka diperlukan vitamin tambahan yang tentunya harus melihat batasan dosisnya.

 

so…terjawab bukan, kapan kita harus meminum vitamin!!!

Pertanyaannya yang belum terjawab adalah bahayakah vitamin yang tertimbun di lemak !!!

pembagian vitamin penjadi dua golongan yaitu larut dalam air dan yang larut dalam lemak memang disengaja, karena disebabkan untuk memberi petunjuk dalam makanan apa saja vitamin yang bersangkutan itu ada.

disamping itu, dosis berlebihan vitamin yang larut lemak, terutama vitamin A dan D akan menyebabkan gangguan kesehatan yagn cukup serius, sedangkan dosis berlebih vitamin larut air tak mempunyai pengaruh buruk. Kelebihan vitamin A bisa terjadi pada orang yang makan hati beruang es dan hati anjing laut, gejalanya nausea, muntah, sakit kepala, dan tanda – tanda naiknya tekanan otak (akut), sedangkan bila kronis pada bayi terdapat tanda – tanda bengkak pada periosteum, penyakit kulit, gangunan komponen darah, dan anoreksia. Meskipun demikian dosis toksik vitamin A sangat tinggi, jadi jangan khawatir.

pertanyaannya adalah, mengapa menyebabkan gangguan kesehatan yagn cukup serius??

Hal ini terjadi akibat dari penimbunan vitamin dalam lemak yang terlalu banyak.

Tubuh dapat menghasilkan respon terhadap sesuatu yang asing di dalam tubuh kita. Vitamin bukanlah benda asing, NAMUN apabila jumlahnya yang telah berlebih (sementara vitamin hanya dibutuhkan dalam jumlah sedikit), maka tubuh mulai melakukan proteksi diri untuk bagaimana caranya mengeluarkan zat berlebih tersebut.  Masalahnya adaalh vitamin larut lemak sangat sukar untuk di ekskresikan , karena dia lebih suka tinggal dalam lemak, akibatnya tubuh tidak bisa mengeluarkan zat tersebut sehingga sistem imunlah (salah satunya) yang perperan karena merespon vitamin yang berlebih itu sebagai benda asing. Salah satu akibat dari respon sistem imun tersebut adalah memberitahu otak kalo kalo di dalam tubuh ada benda asing. Nah….tentunya otak akan merespon dengan berbagai hal DAN MUNGKIN, karena otak bingung mencari benda asing yang mana sih yang dimaksud sistem imun (karena sembunyi di lemak), maka salah satu akibatnya pusing kepala (wkwkkwkwk……., kidding tapi masuk logika!!).

 

 

 

 

salah satu jawaban nya adalah hal diatas bro meskipun dengan kata – kata sendiri!!but, jika ada ilmu yang lebih ilmiah, silahkan direspon!!!!!

 

 

silahkan download materi ajar bidan stikes guna bangsa , yogyakarta di alamat ini kawan – kawan!!!

http://itheng.blogspot.com/2012/09/materi-ajar-bidan-stikes-guna-bangsa.html

 

 

Bagaimana dengan vitamin – vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil?? Apakah setiap trisemester butuh vitamin yang beda beda??

jawabannya ada disini gan!!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*