Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Membuat Daftar Pustaka menggukan zotero – Andy eko wibowo

Membuat Daftar Pustaka menggukan zotero

Selanjutnya kita akan mempelajari cara praktis dan cepat untuk membuat daftar Pustaka beserta citasinya. Untuk daftar pustaka ini kita memerlukan softaware tambahan yang dapat digunakan secara gratis yakni zotero. Sotware ini dapat di download di www.zotero.org.

Maka sebelum kita mempelajari tutorial membuat daftar pustaka ini, maka kita harus melakukan dua hal terlebih dahulu :

  1. Mendownload zotero yang terintegrasi terhadap software browser internet kesayangan anda
  1. Mengintegrasikan software zotero dengan microsotf word milik anda dengan mendonwload zotero integration ms.word.

Setelah kedua hal tersebut di lakukan, maka kita dapat menggunakan kenikmatan mengumpulkan citasi buku, jurnal maupun lainnya serta membuat citasi maupun daftar pustaka di laporan penelitian kita.

  1. Mendownload zotero

Caranya, buka browser anda dan surfing ke www.zotero.org. download program zotero tersebut.

clip_image001

Klik download seperti gambar di bawah ini :

clip_image002

Maka akan terjadi penambahan add ons pada Mozilla anda seperti gambar di bawah ini :

clip_image003

clip_image004

Tanda bahwa telah berhasil terinstal adalah ada tanda zotero di bagian pojok kanan bawah seperti gambar diatas.

clip_image005

Jika anda mengklik tanda tersebut maka akan muncul bagian seperti gambar di bawah ini :

clip_image006

Nah…setelah menginstal zotero ini, kita sudah dapat mengumpulkan daftar referensi di berbagai jurnal maupun buku yang ada di internet maupun secara manual kita tulis sendiri. Ada dua cara, yakni :

  1. Manual, dengan menulis sendiri
  1. Mendownload citasi yang telah disediakan oleh website – website yang menyediakan jurnal tersebut.

Berikut di bawah ini akan di berikan contoh bagaimana membuat daftar citasi dengan cara manual. Misalnya kita memiliki jurnal seperti berikut :

clip_image007

Maka tahap selanjutnya adalah buku Mozilla dan klik logo zotero yang ada di bagian kanan bawah.

clip_image008

Maka akan muncul bagian seperti gambar di bawah ini.

clip_image009

Lalu klik bagian plus pada tanda merah dibawah ini, dan klik book apabila ingin membuat citasi buku, dan jurnal article apabila akan membuat citasi dari jurnal.

clip_image010

clip_image011

Karena yang akan kita citasi merupakan sebuah jurnal, maka klik jurnal artikel sehingga muncul gambar seperti dibawah ini :

clip_image012

Tuliskan sesuai dengan apa yang akan jurnal maka kita telah berhasil mengumpulkan referensi yang nantinya akan dapat kita gunakan sebagai citasi dalam penulisan laporan penelitian kita.

Cara manual ini sangat tidak praktis, karena apabila kita memiliki ratusan referensi, maka sama saja kita akan menulis ratusan tersebut, dengan demikian kita sama saja memiliki pekerjaan baru. Untungnya, semua buku dan jurnal yang kita jadikan referensi telah menyediaakan data ini sehingga kita tinggal mendownloadnya dan menginputnya ke zotero kita sehingga apabila kita akan sangat lebih mudah dalam menggunakannya.

Berikut adalah contoh cara mendownload citasi dari buku maupun jurnal yang akan kita gunakan sebagai referensi.

Missal kita ingin mengoleksi citasi dari review yang ada dibawah ini ini, maka yang kita lakukan adalah pilih pada bagian select citation yakni “procite”. Kemungkinan yang lain bisa juga, namun saya belum pernah mencoba. Sesudah itu klik export citation.

clip_image013

Akan muncul window seperti dibawah ini :

clip_image014

Klik save dan setelah selesai mendownload maka lakukan import pada zotero anda. Caranya adalah seperti gambar dibawah ini :

clip_image015

Setelah itu maka kita telah berhasil mengumpulkan referensi review ini. Hasilnya bisa di lihat pada citation seperti gambar di bawah ini :

clip_image016

clip_image017

Untuk Book, maka coba cari buku secara online dulu dengan ketik judulnya di google. Misal kita ingin mencitasi Medicinal Natural Products, maka search aja di google dengan keyword “Medicinal natural Products citation”

clip_image018

clip_image019

clip_image020

Tadi kita telah berhasil menginstal zotero serta belajar bagaimana mengumpulkan citasi secara online dalam zotero kita. Selanjutnya kita akan menggunakan citasi tersebut dalam laporan penelitian kita seperti gambar dibawah ini :

clip_image021

Dan membuat daftar pustaka seperti gambar dibawah ini dengan cepat tanpa khawatir ada yang terlewat maupun tak berurutan abjad.

clip_image022

Namun sebelumnya, kita harus mengintegrasikan software zotero yang telah kita install tadi ke microsft word milik kita. Tanda bahwa zotero sudah terintegrasi dengan ms.word kita adalah ada tab baru di samping kanan view yakni add-ins. Caranya adalah dengan mendownload “software zotero word processor integration” yang dapat di download juga di www.zotero.org atau bisa di search di google dengan kata kunci “Word processor plugins”.

clip_image023

Download software tersebut dan install sehingga akan Nampak seperti gambar di bawah ini :

clip_image024

clip_image025

clip_image026

Setelah mengikuti semua alur tersebut, maka cek di ms.word anda, apakah sudah ada add ins nya atau belum. Jika benar, maka ms.word anda akan menjadi seperti ini :

clip_image027

Sekarang saatnya adalah cara menggunakan software ini sebagai pendukung citasi yang tepat serta membuat daftar pustaka yang cepat.

Langkahnya mudah,

klik add-ins sehingga akan muncul seperti gambar diatas (sebelumnya browser internet harus di buka terlebih dahulu meskipun tidak terkoneksi internet). Lalu apabila di belakang kalimat kita, harus mengambil sitasi, maka kita dapat mengklik ujung paling kiri untuk membuat citasi seperti gambar dibawah ini :

saat mengklik pojok kiri sendiri bagian ini (zotero insert citation) pertama kali, maka akan muncul windows berupa document preferens. Pada document preferens ini kita disuruh untuk memilih style citasi apa yang akan kita gunakan, apakah vancouver, IEEE, maupun yang sering digunakan di Indonesia yakni Elsevier’s Harvard Style (with titles).

clip_image028

Bagaimana menggunakannya?

Langkahnya adalah klik zotero insert citation maka akan muncul seperti ini :

clip_image029

Klik saja pada bagian merah judul jurnal yang telah kita kumpulkan menjadi citasi tadi maka akan muncul secara otomatis judul apa yang kita inginkan seperti gambar diatas. Maka klik dan enter saja, maka akan jadi secara otomatis seperti ini :

clip_image030

Demikianlah cara untuk membuat citasi. Setelah semuanya tercitasi seperti hal tersebut, maka dapat dilakukan membuat daftar pustaka. Caranya adalah dengan mengklik “Zotero insert Bibliography” yang letaknya urutan ke tiga dari kiri.

Maka akan muncul secara otomatis seperti gambar di bawah ini :

clip_image031

Jadi deh daftar pustakanya.

6 Comments on Membuat Daftar Pustaka menggukan zotero

  1. baru dapet tugas dari dosen, buat makalah dengan HARUS MENGGUNAKAN ZOTERO sebagai cara penulisan sitasi dan dapus nya…sampe gilaa karena ga paham cara menggunakan nya….
    blog ini sangat membantu dalam tugas saya, terimakasih 🙂

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*