Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Kenapa Orang Diabetes itu lapar terus??Padahal sering makan!!! – Andy eko wibowo

Kenapa Orang Diabetes itu lapar terus??Padahal sering makan!!!

image Kenapa hayo kawan – kawan??

Orang diabetes itu identik dengan penyakit gula. Dia dikatakan diabetes karena kadar gula dalam darah tinggi. Gula itu sumber energi, sehingga apabila gula didalam darah kadarnya tinggi, maka energi kita banyak. EITS….tunggu dulu…ternyata tidak…itu salah!!!

 

 

 

image yang benar adalah gula yang bisa di konversi menjadi energi adalah gula yang telah melalui siklus crep dimana gula paling sederhana akan diubah menjadi energi dalam bentuk ATP. dan dimana siklus crep berlangsung??tidak didalam darah…tetapi didalam SEL…jadi, gula yang didalam darah itu belum jadi energi, nah….yang jadi energi itu , gula yang masuk ke dalam sel dan di proses menjadi ATP melalui siklus krep.

 

Nah…permasalahannya ada disini neh….Jadi, gula itu tidak bisa masuk seenaknya ke dalam sel. Soalnya kenapa?? karena gula itu bukan molekul berbobot jenis kecil atau dengan kata lain molekul berbobot jenis besar dan bersifat hidrofilik (suka air). Sedangkan membrane sel itu bersifat lipolilik(suka lemak). So…Gula bisa masuk harus melalui pintunya, yang disebut “glucose transporter”. Nah…glucose transporter (GLUT4) ini neh yang mengatur masuknya gula dari luar sel ke dalam sel.

 

 

 

 

image

 

Sementara itu, glucose transporter itu sesungguhnya dalam kondisi normal tempat tinggalnya ada di dalam sel (tidak menempel terus di membrane sel). Dia akan bergerak menuju membrane dan menempel sebagai pintu masuk glukosa apabila ada insulin yang berikatan dengannya. Nah….orang penderita Diabetes memiliki insulin yang kadarnya di bawah normal. Akibatnya GLUT yang menempel ke membrane sel dan aktif memasukkan gula sedikit. Sehingga gula didalam sel sedikit. dengan demikian siklus creep yang mana gula sebagai bahan dasar utama penghasil energi tidak mampu menghasilkan energi (ATP) yang normal. Dengan energi yang tidak bisa diproduksi secara cukup itu, akibatnya orang akan lemas. Selain itu, tubuh juga akan mengirimkan respon ke sistem syaraf pusat dan teriak teriak “aku lapar, aku lapar…aku kekurangan energi..GITU…..!!!

1 Comment on Kenapa Orang Diabetes itu lapar terus??Padahal sering makan!!!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*