Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Hasil Rapat Halal Bihalal Online KOPI Tanggal 9 September 2011 – Andy eko wibowo

Hasil Rapat Halal Bihalal Online KOPI Tanggal 9 September 2011

Assalamu;alaikum wr.wb.

Kawan-kawan, kali ini, saya akan menyampaikan hasil rapat halal bihalal online KOPI tanggal 9 September 2011. Adapun sebelum menyampaikan, saya akan menuliskan kembali agenda yang rencana di bahas di acara rapat tersebut :

Laporan Kegiatan Oleh Penanggung Jawab :

  1. Kegiatan Romadhon
    1. TPA (kegiatan TPA romadhon, dan pembagian Kelas–PJ Prima
    1. Training kepenulisan bersama SMART Syuhada (Upload foto)-PJ ??
    1. Periksa Kesehatan, penyuluhan, bazar sembako bersama FK UGM–PJ Krisna
    1. Nuzulul Qur’an PJ Ustad Asep dan Tirakat 17 Agustus (drama, pentas seni, dll)–PJ Sara & Prima
    1. Ujian TPA –PJ ???
    1. Takbir Keliling dan Khataman Al Qur’an –PJ Ustad Asep
  1. Laporan Perkembangan Buku untuk Halmahera selatan — PJ Rina & Yonika
  1. Laporan Perkembangan Usaha Bengkel Pak Yadi
    1. Laporan Keuangan — PJ Ustad Asep
    2. Laporan Selebaran pamflet, dan backdroop–PJ Yonika
    3. Rencana Pengucuran Dana tahap kedua–PJ Ustad asep
    4. Usulan untuk perkembangan bengkel
  1. Laporan Sabun Cuci piring DD light
    1. Laporan Kegiatan produksi, dan penjualan (Asep, Maya)
    2. Laporan Keuangan (perlu kah??, nek menurutku perlu)–Asep
    3. Laporan Gaji Karyawan (Asep)
    4. Laporan Kualitas barang (komplain)–Siapa saja.
    5. Laporan Pengembangan Usaha, Formulasi, Managemen Perusahaan, Research & Development (Andy)

dan adapun sudah diberitahukan mengenai agenda yang akan dilaksanakan di KOPI :

Agenda kedepan yang akan dilaksanakan (mohon untuk teman-teman bagi yang ada usulan untuk menambahkan):

  1. Bedah ulang Visi misi, tujuan, pengurus, struktur organisasi, proses kaderisasi, dan program kegiatan
  1. Pembuatan laporan kegiatan selama KOPI berdiri serta pengumpulan dokumentasi
  1. Halal Bihalal Temu langsung & Upgrading kawan – kawan KOPI
  1. Pengiriman buku untuk Halmahera
  2. Pembuatan tempat belajar dan kegiatan belajar malam di Ledok Timoho sebagai cikal bakal Sekolah layanan Khusus TAABAH.
  3. Pembuatan Pasien Medical Record (PMR)
  4. Pendampingan TPA berdasarkan Kelas-kelas
  5. Sahabat pena anak – anak Ledok dengan Adik Adik Sekolah terpencil di Bima (SD N……lupa, disana di ampu oleh @marlita (pengajar muda di Indonesia mengajar)
  6. Pembuatan Buku "Kreativitas Anak – Anak Ledok"
  7. Pelebaran Wilayah pengabdian di papringan, Bawah Musium Affandi (Asep & team BSP)
  8. Pembentukan team Reseacrh & Development untuk DD light, pembuatan alat pengukur busa, pembuatan alat viskositas (team R&D–Rina, ziqin, amel, kasih, Dyas)
  9. Pembuatan Website KOPI (PJ -Andy, Acha, Nasikun)

Waktu yang sangat terbatas, menjadikan hal yang dibahas juga tidak mampu mencakup semua agenda. Adapun agenda yang dibahas pada rapat tersebut adalah :

 

  1. Kegiatan Romadhon

    1. blm di bahas….TPA (kegiatan TPA romadhon, dan pembagian Kelas–PJ Prima
    1. blm di bahas….Training kepenulisan bersama SMART Syuhada (Upload foto)-PJ ??
    1. terbahas….Periksa Kesehatan, penyuluhan, bazar sembako bersama FK UGM–PJ Krisna
    1. blm di bahas….Nuzulul Qur’an PJ Ustad Asep dan Tirakat 17 Agustus (drama, pentas seni, dll)–PJ Sara & Prima
    1. blm di bahas…..Ujian TPA –PJ ???
    1. blm di bahas…..Takbir Keliling dan Khataman Al Qur’an –PJ Ustad Asep
  1. terbahas……Laporan Perkembangan Buku untuk Halmahera selatan — PJ Rina & Yonika
  1. Terbahas….Laporan Perkembangan Usaha Bengkel Pak Yadi
    1. terbahas…..Laporan Keuangan — PJ Ustad Asep
    2. belum terbahas…..Laporan Selebaran pamflet, dan backdroop–PJ Yonika
    3. belum terbahas……Rencana Pengucuran Dana tahap kedua–PJ Ustad asep
    4. Terbahas…..Usulan untuk perkembangan bengkel
  1. Laporan Sabun Cuci piring DD light
    1. Terbahas……Laporan Kegiatan produksi, dan penjualan (Asep, Maya)
    2. Belum terbahas….Laporan Keuangan (perlu kah??, nek menurutku perlu)–Asep
    3. Terbahas……Laporan Gaji Karyawan (Asep)
    4. belum terbahas…..Laporan Kualitas barang (komplain)–Siapa saja.
    5. Terbahas……Laporan Pengembangan Usaha, Formulasi, Managemen Perusahaan, Research & Development (Andy)

Untuk mempermudah pembacaan, maka laporan akan saya menggunakan tabel..

Laporan HASIL KESIMPULAN/ output TINDAKLANJUT pemimpin
Jumlah perta yang mengikuti 13 orang, dengan rincian Itheng cemani, prima ayu adityasari, A’maulana rohimat, krisna dwi purnomo jati, dewi maliki, siti fatimah, rina wahyuningsih, siti ummaiyah, reva zulhendry david, agus al muhtar, rinda alakadarnya, sara dwi kurnianto, imma F. Adriani

rincian yang izin : Muhamad Khoirur Roziqin, Yanse, ibnu, singgeh, Silvia Dwi, Yonika arum larasati

  Jumlah peserta group 73 (tertanggal 10 September 2011)
Periksa Kesehatan, penyuluhan, bazar sembako bersama FK UGM–PJ Krisna

1. Tgl 13 Agst 2011, kami dari FK UGM mengadakan pemeriksaan kesehatan kepada warga di kawasan Ledok Timoho. Data rincinya sedang saya olah, data kasarnya adalah :
a. banyak warga usia dewasa menderita hipertensi
b. belum bisa disingkirkan beberapa penyakit sistemik kronis yang beresiko menjadi penyakit penyulit di kemudian hari (DM, Dislipidemia, Asam Urat, dll) –> karena keterbatasan alat yang dibawa.
c. penyakit sederhana seperti influenza, infeksi saluran cerna, dan infeksi kulit insyaAllah bisa disembuhkan dengan obat yang murah dan sederhana dan tidak menimbulkan kecacatan bermakna yang dapat mengganggu fungsi hidup
2. perlu adanya pemahaman terhadap masyarakat tentang penyakit kronis yang dapat mengganggu fungsi hidup dan akhirnya berujung kepada pembiayaan yang besar sehingga perlu diadakan health promotion program. berupa penyebaran leaflet kesehatan dan pengajaran kesehatan dasar kepada rekan2 cilik kita
3. terkumpul sejumlah uang, mungkin bisa digunakan untuk membuat sarana sanitasi umum (tempat wudhu akhwat sekaligus kamar mandi). Perlu disiapkan rancangan bentuk ruang. Pekerjanya dari LEdok sudah ada. insyaAlloh.
4. Untk program kesehatan perlu penyulluhan kehamilan. ibu hamil di komunitas ledok bisa di periksa setiap bulan. insyaAllah suplemen kehamilan bisa juga diberikan.

5. kesimpulan yang dapat ditarik 1. diadakan acara yang mampu memahamkan tentang penyakit kronis dan penanganannya serta pemeriksaan gratis,2. Acara cek kandungan tiap bulan dan pemberian suplemn 3. pembuatan tempat wudhu…. Acara ini akan dibicarakan pada pertemuan minggu depan sesuai dengan kesepakatan..

1. perlu diadakan  health promotion program->penyebaran leaflet kesehatan dan pengajaran kesehatan dasar kepada rekan – rekan cilik.
2. membuat sarana sanitasi umum dan tempat wudhu akhwat.
3. penyuluhan dan periksa tiap bulan untuk ibu hamil

1. Mengagendakan rapat untuk membahas health promotion program, membentuk pemimpin dan team ini.-deadline selasa hubungi krisna
2. menindaklanjuti segera dengan berkomunikasi dengan pimimpin di ledok timoho (ustad asep)-deadline selasa
3. sama dengan nomer 1. deadline selasa hubungi krisna.
Laporan Perkembangan Buku untuk Halmahera selatan — PJ Rina & Yonika

1. masing-masing anggota sudah mengumpulkan buku, tinggal nanti didata

2. akan dilaksanakan sebar proposal.
3. ttg pembelian buku-buku itu gimana ya mas? (belum terjawab!!)

4. Buku bisa menghubungi KPP Smart Syuhada. Sudah di hubungi oleh Siti Ummayiah.Nunggu hasil hubungan

5. Rina Wahyuningsih ini adalah koordinator pengumpulan buku untuk ade ade di halmahera selatan bekerja sama dengan Indonesia menyala milik Pengajar Muda Indonesia Mengajar. Adapun anak – anak pengumpul buku ini mempunyai group tersendiri yang dapat temen-temen bergabugn disini..

http://www.facebook.com/groups/

187562361303129/.Adapun anggota team yang telah datang sejumlah Daftar Nama Penyala Yogyakarta
6. Mulai senin, akan digalakan kita rame – rame dari mulut kemulut mengumpulkan buku yang kita miliki..untuk mulai mengumpulkan buku dari temen-temen. Buku dari temen-temen akan tertampung. Monggo temen-temen menyiapkan bukunya.

7. Imma F. Adriani tertarik untuk membantu pengumpulan buku

1. mengumpulkan buku dari mulut kemulut dengan menampung buku
2. penyebaran proposal
3. pembelian buku- buku.
4. bantuan buku KPP smart syuhada
5. tenaga tambahan, imma F.

1. berkonsultasi dengan rina kapan waktu yang tepat untuk menggalakan pengumpulan buku—deadline pas naik kereta
2. hadir di rapat yang diselenggarakan membahasa tentang proposal
3. bertanya kepada rina maksud pembelian buku—deadline pas naik kereta
4. bertanya kepada siti ummayah perkembangan buku KPP smart syuhada—deadline pas naik kereta
5. mengajak rapat imma F—pas diadakan rapat

  1.Saat ini DD light telah mempunyai 3 karyawan dari Ledok Timoho (Bu Yadi, Bu riah, dan Bu Fenni). Ketiga karyawan ini di pimpin oleh Manager terhandal Ustad A’ Maulana Rohimat. telah mendapatkan 2 kali gaji yang diberikan oleh Ustad Asep. Saat ini, telah ada Kartu Stock opname Barang Jadi. Untuk kedepannya, Kartu stok bahan baku akan dibuatkan, dan akan di buat rencana pembelian bahan baku per bulan untuk mengurangi biaya transport serta biaya penyimpanan yang ditimbulkan dari pembelian bahan baku.
2. Untuk kedepannya .Rencana aku akan mengumpulkan team Research dan Develompment yang orangnya udah ada antara lain Rina Wahyuningsih, amel, kasih, Muhamad Khoirur Roziqin, dan Dyaz Liverpudlian. Tugas dari team ini adalah Menentukan parameter kualitas dan metode uji untuk kekentalan, busa, keset, tampilan, warna, pencucian tutup botol, dan botol, pembuatan alat viskosity meter, pembuatan alat pengukur busa, pembuatan alat produksi 80 L, dan peningkatan kualitas formula dengan rincian optimalisasi jumlah busa, optimalisasi kekentalan, optimalisasi bahan betain dan sodium sulphate, konsistensi proses produksi, pemilihan jenis pewarna.
2. dd light sabun pencuci piring halal berkualitas:
1. produksi bulan pertama sekitar 150 botol, gaji 3 orang pegawai Rp. 200.000
2. produksi bulan ke 2 dengan formula lebih sempurna : 300 botol lebih telah terjual
gaji 4 orang Rp. 375.000
3. sekarang ada stok 120 botol.. siap jual, sudah cantik dan rapi seusai standar pasar. Rencana akan di jual di kawan yang punya kios di pasar kolombo
4. kita masih banyak mengeluarkan dana untuk modal dan riset.
5. pasar dd light yang harus terus kita perlebar.

6. temennya Rinda Alakadarnya juga sudah bersedia menjadi agent untuk menjualkan nya di Kulon progo.

7. untuk admin keuangan sementara sy sedang rincikan, insyaAlloh bisa segera diatasi.
8. Perlu dibantu buatkan leaflet untuk promosi dd light, kesulitan desain yg menarik.
9. itheng cemani mengignatkan maulana mengontak kawan yang punya kios di pasar kolombo serta segera setelah pulang ke Jogja untuk memberikan produk DD light ke temen Rinda Alakadarnya. Insyaallah juga mengingatkan gimana untuk administrasi. Untuk Leaflet promosi DDlight

9Andy punya tugas untuk mengingatkan ustad asep menkontak temennya dipasar kolombo, memberikan DD light ketemennya Rinda Alakadarnya, membuat/mendesain leafleat DD light,memperbaiki formula dengan membangun team R&D dengan orang – orang yang sudah bersedia, dikerjakan mulai hari senin besok.

1. Team R& D Rina, amel, kasih, ziiqin, dyas.
2. Gaji tiap bulannya semakin naik
3. penjualan semakin meningkat
4.barang mati/diam digudang juga banyak (120 botol)
5dapat agent di kulon progo
6. punya peluang jual di pasar kolombo
7.administrasi keuangan masih belum bagus

1. mengumpulkan team R&D, berpresentasi kepada mereka tentnag visi misi, serta jobdes. membuat team menjadi nyaman untuk bekerja—deadline minggu depan hari minggu
2. memantau kenaikan gaji tiap bulan dengan semangat kinerja karyawan
3. Membuat forcasting untuk penjualan bulan depan, membuat material production Scedule,dan membuat master requirement planning beserta perencanaan waktu pembelian bahan baku.deadline minggu depan pas hari kamis
4. menjual barang yang digudang dan mempromosikan kepada rekan – rekan
5. memberikan barang ke agent kulon progo—deadline hari kamis
6. menghubungi ustad asep untuk melobi teman dipasar kolombo deadline hari kamis
7.membantu ustad asep untuk memperbaiki adminsitrasi keuangan dengan mencarikan orang kompoten..hehhe..dari kemarin g klear masalah adminstrasi keuangan ini..terlalu berat beban ustad asep

Bengkel pak Yadi

bengkel pak Yadi (jl. melati kulon depan pabrik cerutu Tarumartani)
laporan tadi isya 09-09-2011:
1. sudah terjual Rp. 403.000, masih ada barang-barang yg belum terjual nominal Rp. 150.000 lebih;
2. perlu publikasi dan standing banner yg pernah kita diskusikan
3. modal dari donatur masih ada 1.000.000 .Diusul dipinjamkan ke pak Jumadi untuk usaha potretnya, karena kemarin dia malah pinjam kas mushola Rp. 500.000, itu bisa jdi masalah untuk stabilitas mushola, karna kesepakatannya uang kas mushola tidak dipinjamkan.

1. pinjaman 500.000 kepada Pak Jumadi dan meminta izin pemberi donatur
2. Pengucuran dana tahap 2 pak yadi
3. pembuatan laporan tertulis untuk dilaporkan ke pemberi donatur
4. standing banner yagn pernah di diskusikan
1. sudah diizinkan donatur dan sudah dikonfirmasikan ke pembawa uang—tinggal memantau pelaksanaannya—deadline pengingatan—hari selasa.
2. membicarakan dana tahap 2 pak yadi di rapat pertemuan KOPI 3. pembuatan laporan tertulis untuk dilaporkan donatur—deadline pas dikereta memastikan kapan
4. bertanya kepada yonika standing banner yang sudah dibuat nyampe mana—deadline –liat sikon
usulan

1. td ustad asep sempat melaporkan ttg ibu2 hamil, trus juga ad yg usul perlu pendataan lbh lanjut ttg kelompok2 yg rentan. jadi terpikir soal pendataan, misalnya terutama buat yg remaja putri, perlu g si semacam pendampingan atau mgkin yg punya basic psikologi. usia remaja kan sangat rentan dengan banyak hal tuh. anak2 jg si­. perlu saja buat pendampingan untuk remajanya, misalnya dari sisi kesehatan, psikologi,dll. kan sdh ad pengajian yg khusus remaja kan, nah bisa dimasukkan kesana, atau lbh bagus lg kelau yang remaja putri dan putra punya kelompok pendampingan sendiri, karena kebutuhan mereka juga beda.itu saja sih

2. akan saya sebar sms jejak pendapat, untuk memeutuskan apakah besok akan diadakan rapat online lanjutan atau tidak….

3. agenda mendesak di Ledok bidang pendidikan:
1. membuat kelas TPA berdsar hasil ujian kemarin
2. memulai kembali ta’lim orang tua
3. mulai merancang renovasi gedung sekolah khusus TAABAH
4. kurikulum yg sudah dibuat mbk Prima disosialisasikan kpd warga KOPI dll.
 

1. 1. akan dibawa di rapat KOPI selanjutnya.
2.sms jajak pendapat telah disebarkan untuk pertemuan face to face…menunggu konfirmasi semua nya..
3. membuat agenda pemecahan instruksi sesuai dengan kompetensi anggota masing-masing…

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*