Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning BEBERAPA TARGET PASAR BISNIS LOUNDRY – Andy eko wibowo

BEBERAPA TARGET PASAR BISNIS LOUNDRY

 

Deterjen yang baik untuk bisnis adalah deterjen yang mampu mengatasi permasalahan bisnis yang umum dihadapi. Untuk itu, harus dipahami terlebih dahulu permasalahan bisnis seperti apa yang umum dihadapi baik itu jenis noda maupun permasalahan lainnya. Hal ini berkatian erat dengan target pasar dimana bisnis laundry bergerak. Apakah Target pasar merupakan pakaian sehari – hari (kos- kosan dan rumah tangga), pakain/kain rumah sakit, pakaian/kain hotel (pariwisata), pakaian/kain industri, pakaian/kain perkantoran, pakaian/kain real estate (Perumahan), atau Industri khusus (ex.garmen, automotif, obat). Apapun target pasarnya, bisnis loundry adalah bisnis yang tidak akan mati selama orang amsih menggunakan pakaian.

Dalam buku ini, untuk memudahkan pembaca memahami target pasar bisnis laundry, penulis membaginya dalam 3 segmen, antara lain :

1. Target pasar pakaian sehari – hari (kos-kosan & rumah tangga)

Target pasar ini adalah bagian yang paling banyak dibidik oleh para pengusaha karena ceruknya bertebaran dimana saja. Konsumen dari bagian ini adalah pakaian rumah tangga maupun kos- kosan. Permasalahan utama dalam pasar ini adalah noda – noda biologis (keringat, noda tanah), bau apek, noda-noda rumah tangga (makanan & minuman), darah, oli, tinta, dan pakaian luntur. Noda – noda bandel seperti karat dan getah juga sering ditemui. Terkadang konsumen membutuhkan pelayanan yang singkat ( instan service ) membuat permasalahan Target pasarini semakin kompleks. Peran utama deterjen dalam Target pasarini adalah menyelesaikan masalah utama. Untuk masalah samping seperti noda karat dan getah, penulis menyarankan menggunakan chemical khusus saja.

2. Target pasar area perkantoran, hotel-hotel, dan perumahaan real estate.

Pada Target pasarini, konsumen membutuhkan pelayanan dimana pakaian tidak hanya bersih, namun juga mampu merawat pakaian. Untuk itu, deterjen tidak hanya berperan dalam membersihkan pakaian, namun juga mampu merawat pakaian baik warna maupun kerusakan kain. Karena pelayanan instan service sangat mendominasi maka deterjen yang mampu menghilangkan bau apek sangat dibutuhkan. Selain deterjen, juga dibutuhkan dry clean (cuci kering) untuk pakain – pakaian tertentu.

3. Target pasar area Industri kain, garmen, Otomotif, dan Rumah sakit

Bagian ini merupakan bisnis yang sangat spesifik karena setiap bagian memiliki permasalahan noda yang spesifik. Misalnya saja industry kain, noda spesifiknya kapur bekas pengukuran, automotif, noda spesifiknya oli, dan rumah sakit, noda spesifiknya darah. Untuk itu, deterjen yang digunakan haruslah spesifik pula sehingga dapat mengatasi permasalahan tersebut.

Dari penjabaran tersebut, maka deterjen yang ideal adalah deterjen yang bisa mengatasi permasalahan utama dalam Target pasar bisnis loundry.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*