Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning TIPS(RENCANA) PERSIAPAN MENGHADAPI PROGRAM PROFESI APOTEKER FARMASI UGM by itheng cemani – Andy eko wibowo

TIPS(RENCANA) PERSIAPAN MENGHADAPI PROGRAM PROFESI APOTEKER FARMASI UGM by itheng cemani

Dear temen-temen…

berhubung kelas profesi/apoteker mulai besok tanggal 21 sudah masuk, maka kali ini andy akan menguak lebih dalam tips gimana agar nantinya kegiatan mencari ILMU di profesi dapat maksimal. Ingat lho temen-temen, mencari ilmu, bukan mencari nilai.

 

Tapi, berhubung di Negeri Ini, identitas orang berilmu itu ya nilai nya bagus, maka akan andy selipi trik dan tips mencari nilai di profesi (meskipun andy juga g tau, apakah nilai andy bagus atau tidak).

Secara prinsip, cara belajar andy sepertinya akan tetap sama dengan yang andy ungkapkan di buku “raih Medalimu” (bisa didownload disini)..hanya saja, management waktu yang andy gunakan , kini lebih canggih dan lebih enak untuk digunakan serta lebih dapat mengantisipasi lupa. Selain itu, managemen waktu yang aku gunakan dapat digunakan untuk lebih fokus dari berbagai kegiatan tanpa harus mengesampingkan kegiatan lainnya. Inti dari management waktunya sudah andy bahas disini. Namun gambaran umum dan terperinci bagaimana menggunakannya belum andy bahas karena bingung mulai dari mana, sepertinya lebih enak klo langsung praktek.

 

Oke…tahap pertama dalam persiapan adalah kita harus tahu mata kuliah apa saja, kemudian karakter dosennya, dan RKPS (ini yang paling penting).

Oke…karena andy sudah catat sebagaian RKPS nya melalui korek – korek dan mengobrak abrik koz dengan mengobal abul buku – bukunya IRa, maka akan andy jabarkan RKPS yang andy peroleh secara tidak resmi :

 

berikut RKPS nya :

 

 IMG_0001 IMG_0002 IMG_0003 IMG_0004 IMG_0005 IMG_0006 IMG_0007 IMG_0008 IMG_0009 IMG_0010 IMG_0011 IMG_0012 IMG_0013

 

 

 

 

 

nah…setelah itu, tahap berikutnya adalah mencari bahan-bahan pinjaman yang dapat di pinjam secara gratis dan cuma – cuma serta tanpa bunga atau bahkan secara iklas bisa dihibahkan, hehehe…

bahan itu terdiri dari psc, catatan, foto kopian, soal – soal , dan buku – buku

 

karena kegiatan andy saat ini bener-bener sibuk banget dan mobilitasnya tinggi sekali, maka pada profesi ini andy lebih suka menyesuaikan bahan –bahan tersebut dalam pembagian tiap minggu. So…andy dapat membawa bahan-bahan itu tiap minggunya sehingga bisa di pelajari kapanpun dan dimanapun sesuai management waktu andy.

maka tahap pertama adalah mengumpulkan bahan perminggu yang disesuaikan dengan RKPS nya :IMG_7896akhirnya jadi seperti ini :IMG_7913   maafkan aku ya dwi dara dan niken, bahanmu aku pecah – pecah jadi seperti ini..heheehe..entar tak kembalikan lagi dalam bentuk asal plus lecek..hehehe

 

nah…dengan pembagian tersebut, kita g harus bingung – bingun mencari bahan dalam tiap minggunya karena  sudah ada bahan tersebut dalam minggu – minggu kita kuliah.

Jadi..rencana andy, waktu belajar itu ada tiga, yakni sebelum , saat, dan setelah kuliah. Sebelum kuliah adaalah belajar membaca hal – hal yang akan dipelajari nanti pada saat kuliah (biar terlihat pintar) dan tidak bosen di kelas. Sedangkan saat kuliah adalah merekam isi dosen mengisi kuliah melalui telinga dan menuangkan kedalam tulisan(catetan) (ingat, bukan mencatat ulang slide PPT). Selain itu, disini berusaha egois dan ndak punya malu untuk bertanya apabila tulisan telat dan tidak sinkron dengan telinga atau justru isi kuliah tidak sesuai pemikiran dan logika yang ada di otak. belajar setelah kuliah dimaksudkan untuk membantu agar nanti pas ujian g terlalu berat belajarnya atau justru pas waktu ujian, saatnya belajar hal lainnya, yakni menjelaskan materi yang ada diotak kita kepda temen-temen yang membutuhkan (ini aku paling suka!!).

Nah…untuk matakuliah yang bener-bener dihafalkan seperti terminologi dan etika dan perundang-undangan (mungkin ada yang lain), andy bener – bener berencana g mau menghafal tuh mata kuliah. Lalu caranya apa?andy harus beresiko tiap hari harus membaca (sekedar membaca) bahan yang dikuliahkan perminggu. Rencana andy gunakan waktu habis sholat atau mau tidur..

 

mungkin ini dulu yang bisa andy shared ke temen-temen. mengenai apakah andy nanti bisa menjalankan rencana itu atau tidak, itu urusan terakhir, yang penting sekrang andy bisa berbagi pengalaman dan strategi kepad temen-temen yang otak tolol dan tumpulnya sama dengan andy.

 

makasih buat Ira, dwi dara, mas arief 2005, dan parcox, yang telah membantu meminjami bahan

terima kasih juga buat niken yang telah mau hampir meminjami bahan (belum punya motor buat ambil ken..!!)..

 

semoga bermanfaat.!!!

atau temen-teemn mau share ilmu lainnya???andy tunggu ya….

1 Comment on TIPS(RENCANA) PERSIAPAN MENGHADAPI PROGRAM PROFESI APOTEKER FARMASI UGM by itheng cemani

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*