Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning LINK-LINK KOMPETEN UNTUK DIMASUKKIN PROPOSAL (dari SIlvia dwi) – Andy eko wibowo

LINK-LINK KOMPETEN UNTUK DIMASUKKIN PROPOSAL (dari SIlvia dwi)

dear temen-temen…kali ini karena KOPI belum punya blog dan website, maka akan aku share link – link yang kompeten untuk pendanaan kegiatan kita. Link – link ini dari salah satu rekan kita yang secara sukarelawan masuk ke dalam team humas…

bagi temen-temen yang berminat untuk menambahkan, silahkan buat, dan dishare digroup maupun dimana saja sehingga bisa di baca oleh temen-temen dan kita pikirkan bareng – bareng mau masukkin yang mana dan kapan

Lembaga Amil Zakat

Dompet Dhuafa Jogja

clip_image001

Address:

 

Jl. Kyai Mojo No.97

 

Yogyakarta

 

Yogyakarta

 

 

Indonesia

 

E-mail:

dompetdhuafajogja@yahoo.com

Telephone:

0274 – 622914; 0274 – 7478605 [Pelayanan Ziswaf]

Fax:

0274 – 622914

Mobile Phone Number:

081 8086 288 59 [Yus – Jemput Zakat]

Information:

Lembaga Amil Zakat

Program Dompet Dhuafa Jogja

Z – Eco

Kelompok program Z Eco merupakan program yang dibuat oleh Dompet Dhuafa JogJa serta jejaring yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Program ini didedikasikanuntuk pemberdayaan masyarakat DIY dalam bidang ekonomi produktif bagi keluarga yang kurang mampu. Aktivitas dari program ini adalah menumbuhkembangkan kemandirian sikap dan sifat entrenereurship masyarakat DIY. Program ini diperuntukkan bagi pedagang kecil dengan diadakan pembinaan rutin dengan materi Akidah, Akhlaq, Pembukuan usaha, Inovasi usaha. Selain itu pengembangan program di bidang pertanian dan peternakan juga telah dilaksanakan yaitu program Pertanian Vertikultur dan Kampoeng ternak di Magelang.

Z – EDU

Kelompok program Z Edu merupakan program yang digulirkan untuk masyarakat usia produktif dengan memberikan keterampilan ( Menjahit, Teknisi HP, Teknisi Komputer ) serta meerikan stimulant usaha. Selain itu program beasiswa juga masuk dalam kelompok program Z – EDU ini antara lain Beasiswa SD , Beasiswa SMK , Beasiswa Smart Ekselensia.

Z – MED

Layanan Kesehatan Cuma-Cuma ( LKC ) yang memberikan pelayanan kesehatan dasar serta bedah minor serta bantuan melahirkan dan operasi masuk dalam program Z MED. Saat ini LKC DD Jogja telah melayani masyarakat dhuafa di seluruh Provinsi DIY yang berlokasi di Jl. Nogobondo No 6A Rejowinangun Kotagede, Yogyakarta. Waktu pelayanan yaitu setiap hari Senin – Jum’at jam 16.00 – 20.00 WIB. Selain itu LKC pada bulan ini akan membuka POS SEHAT, yaitu LKC mini yang bekerjasama dengan masjid atau yayasan sehingga memudahkan masyarakat mengakses layanan Kesehatan ini. Lokasi yang akan dijadikan POS SEHAT yaitu di 2 wilayah di Kulon Progo. Selain itu untuk memberikan pelayanan massal kepada masyarakat LKC juga mengadakan Aksi Layan Sehat ( ALS ) yang dilaksanakan 1 bulan 2 kali dengan lokasi di seluruh Provinsi DIY.

Z – SOCD

Merupakan kelompok program yang di dedikasikan untuk pelayanan kepada masyarakat dhuafa di bidang Sosial dan Pengembangan Islam. Sebagai lembaga Amil Zakat tentunya juga tak lepas dari kegiatan tersebut. terlebih lagi dari segi advokasi perlu adanya pendampingan untuk masyarakat dhuafa untuk mengakses keterbatasan akses yaitu modal, Kesehatan, Pendidikan dll.

Untuk Kejelasan lebih lanjut dapat menghubungi Kantor Dompet Duafa Jogja.

Kami layani anda lebih lama

Senin – Jum’at : 08.00 – 16.30

Sabtu              : 08.00 – 14.00

Jejaring

clip_image002

clip_image003

clip_image004

Tuesday, ۱۰ Sya’ban ۱٤۲۹

clip_image006Baitul Maal Al – Ikhlas

Jl. Prof. DR. Yohanes 103 E Sagan Yogyakarta

clip_image008Baitul Maal Natura

Jl. Tukangan No 1 Yogyakarta

clip_image010Baitul Maal Budi Mulia

Jl. Piyungan Km 1 Prambanan, Bokoharjo, Prambanan, Sleman

clip_image012Yayasan Al Ghifari

Jl. Ambarukmo 205 RT 03/01 CT 3 Depok, Sleman, Yogyakarta

clip_image014Baitul Maal Bina Ummah

Jl. Jae Sumantoro 24 Yogyakarta

Baitul Maal Agawe Makmur

Jl. Agrowisata Km 1 Murangan, Triharjo, Sleman,Yogyakarta

Baitul Maal Desa

Jl. Raya Janti No 83 Karangjambe, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta

Corps Dakwah Pedesaan

Jl. Bantul Km 1 Gg Taqwa Yogyakarta

Beastudi Etos

Jl. Nusa Indah Gg. Wisnu 16 Gandok, Condong Catur, Depok, Sleman

Last Updated ( KAMIS, ۱٥ Sya’ban ۱٤۳۰ ۲۰:٥٤ )

Tentang Dompet Dhuafa JogJa

clip_image002[1]

clip_image003[1]

clip_image004[1]

Wednesday, ۱٤ Rajab ۱٤۲۷

Dompet Dhuafa Republika adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf, serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga). Kelahirannya berawal dari empati kolektif komunitas jurnalis yang banyak berinteraksi dengan masyarakat miskin, sekaligus kerap jumpa dengan kaum kaya. Digagaslah manajemen galang kebersamaan dengan siapapun yang peduli kepada nasif dhuafa. Empat orang wartawan yaitu Parni Hadi, Haidar bagir, S. Sinansari Ecip, dan Eri Sudewo berpadu sebagai Dewan Pendiri lembaga independen Dompet Dhuafa Republika.

AWAL KEHADIRAN
Gempa jogja (27/06) telah mengejutkan banyak pihak, salah satunya adalah Dompet Dhuafa Republika. Program Tanggap Bencana, Rehabilitasi dan Rekonstruksi pun dilakukan. Pada tanggal 9 Januari 2007 Dompet Dhuafa Jogja dikukuhkan sebagai jejaring Pengelola Zakat Dompet Dhuafa Republika.

VISI, MISI, TUJUAN, PRINSIP DASAR DAN GRAND STRATEGI JMK
VISI KAMI
Bertekad menumbuhkembangkan jiwa dan kemandirian masyarakat yang bertumpu pada sumber daya lokal melalui sistem yang berkeadilan.

MISI

· Membangun diri menjadi lembaga yang berfungsi sebagai lokomotif gerakan pemberdayaan masyarakat.

· Menumbuhkembangkan jaringan lembaga pemberdayaan masyarakat.

· Menumbuhkembangkan dan mendayagunakan aset masyarakat yang berbasis kekuatan sendiri.

· Mengadvokasi paradigma ekonomi berkeadilan.
TUJUAN

· Meningkatnya efektivitas kinerja lembaga.

· Meningkatnya otonomi jaringan lembaga melalui devolusi (desentralisasi dan pelimpahan wewenang).

· Meluasnya pemahaman, penerimaan dan pelaksanaan ekonomi berkeadilan.

· Meningkatnya pendayagunaan aset masyarakat melalui pengelolaan ziswaf dan derma.

· Tercapainya kemandirian komunitas sasaran.
PRINSIP DASAR

Prinsip moral

jujur, amanah, ihsan

Prinsip kedudukan lembaga

transparan, dapat dipertanggungjawaban, profesional, berdayaguna dan berhasil guna, berorientasi pada perbaikan terus menerus

Prinsip pengembangan

inovatif, kreatif, berorientasi pada social entrepreneurship dan investasi sosial

Prinsip fiqh

bukan semata-mata ibadah ritual, meraup tiga unsur sekaligus yaitu muzakki-amil-mustahik

GRAND STRATEGY

· V2G (Value Transformation, Volunteerism, Grantmaking)

· Intensifikasi, ekstensifikasi dan diversifikasi penggalangan dana dan pendayagunaan aset masyarakat melalui penguatan lembaga serta interaksi jejaring

Last Updated ( Tuesday, ۲٦ Sya’ban ۱٤۳۰ ۱۳:٤

PKPU

Tentang PKPU

Dimulai pada pertengahan tahun 1997 negara-negara ASEAN terpuruk oleh krisis ekonomi regional yang disebabkan oleh depresiasi mata uangnya terhadap dollar Amerika. Indonesia merupakan yang terparah diantara semua negara di Asia. Krisis tersebut sudah merambah ke berbagai bidang, seperti politik, moral, pendidikan, sains-tek, budaya, dan religi. Pendekatan multidisipliner untuk menangani krisis masih sangat kurang, mungkin karena egoisme sektoral yang kuat. Menyikapi krisis yang berkembang sejumlah anak bangsa dengan ketetapan hati yang kuat bergandeng tangan dan bergerak menyumbangkan tenaga dan fikirannya melakukan aksi sosial di beberapa penjuru tanah air.

Menindak lanjuti aksinya, mereka kemudian menggagas entitas kepedulian publik yang bisa bergerak secara sistematis. Maka pada 10 Desember 1999 lahirlah lembaga swadaya masyarakat yang bernama Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU) dengan badan hukum yayasan. PKPU menisbahkan dirinya sebagai lembaga yang bergerak di bidang sosial.

Pada 8 Oktober 2001, berdasarkan SK. Menteri Agama No 441 PKPU telah ditetapkan sekaligus dikukuhkan sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS). Hal itu membuktikan bahwa kepercayaan masyarakat kepada PKPU semakin besar.

Seiring dengan meluasnya jangkauan kegiatan sosial yang terus disalurkan ke berbagai lapisan masyarakat di seluruh penjuru Indonesia serta besarnya dorongan masyarakat luas untuk bekerjasama dalam memberdayakan bangsa, maka pada tahun 2004, PKPU bertekad untuk membangun kemandirian rakyat Indonesia dengan memperluas lingkup kerjanya sebagai Lembaga Kemanusiaan Nasional.

Kiprah PKPU sebagai pegiat kemanusiaan terukir jelas dalam partisipasinya berdampingan dengan NGO internasional dari manca negara mengatasi keadaan darurat tanggap bencana serta fase pembangunan kembali bencana-bencana besar yang menimpa tanah air kita seperti gempa bumi dan tsunami di Aceh, Yogyakarta, dan beberapa peristiwa lainnya.

Sebagai lembaga yang semakin kokoh dalam menangani isu-isu kemanusiaan global maka tuntutan standarisasi kerja serta pengembangan program telah mencambuk PKPU untuk mengedepankan peningkatan mutu program dan layanan dengan menghasilkan kontribusi yang solutif bagi masyarakat. Tuntutan tersebut dijawab dengan diterimanya PKPU sebagai ”NGO in Special Consultative Status with the Economic and Social Council of the United Nations” pada 21 Juli 2008, yang menuntut akuntabilitas kinerja kemanusiaan secara periodik sebagai konsekuensi status yang disandang. Kemudian pada tahun 2010, PKPU juga telah resmi terdaftar sebagai Organisasi Sosial Nasional berdasarkan keputusan Menteri Sosial RI No 08/Huk/2010.

Ekonomi

· PROSPEK

Program Sinergi Pemberdayaan Komunitas (PROSPEK) merupakan program pemberdayaan ekonomi usaha kecil melalui kelompok. Masyarakat yang menjadi sasaran dalam program ini adalah kelompok petani gurem, peternak, pengrajin, pedagang kecil, tukang ojek dan nelayan.

Masyarakat dihimpun dalam Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) untuk mendapatkan pelatihan dan pendampingan rutin. KSM, kemudian dihimpun dalam koperasi yang dikelola oleh, dari dan untuk anggota.

Kesehatan

· Ibu Sadar Gizi (BUDARZI)

Program Pondok Gizi Budarzi (PG Budarzi) merupakan program gizi masyarakat yang berorientasi pada pemeliharaan kesehatan dan gizi balita, pembangunan kesadaran masyarakat khususnya ibu untuk menerapkan kaidah gizi dan kesehatan dalam menyusun menu keluarga khususnya balita, mendampingi dan melayani serta memanfaatkan potensi lokal dalam upaya meningkatkan dan memperbaiki status gizi masyarakat.

· Program Komunitas Sehat

Terdiri dari Program Kesehatan Masyarakat Keliling Terpadu (PROSMILING TERPADU) yaitu program layanan kesehatan keliling yang dilaksanakan secara terpadu (berbagai program kesehatan di satukan dalam paket bersama) dan dikemas secara populis, yang dilaksanakan secara cuma-cuma bagi masyarakat fakir miskin yang tempat tinggalnya jauh dari akses pelayanan kesehatan. Selain PROSMILING, PKPU memiliki program Klinik Peduli yang didirikan di daerah-daerah minus dan bencana.

· Program Komunitas Hijau

Komunitas hijau atau green community adalah program pemberdayaan masyarakat (community development) yang berorientasi pada perubahan perilaku masyarakat dalam hidup bersih dan sehat serta perbaikan kondisi lingkungan tempat tinggal. Program ini dilakukan di daerah miskin dan membutuhkan perhatian berupa pendampingan kesehatan lingkungan.

PKPU (Lembaga Kemanusiaan Nasional)

Alamat

:

Jl. Raya Condet No. 27-G Batu Ampar Jakarta Timur 13520

Telepon

:

(021) 87780015

Fax

:

(021) 87780013

E-mail

:

welcome@pkpu.or.id

ALAMAT KAMI :
Alamat Kantor : Perwakilan D.I. Yogyakarta
Pos Keadilan Peduli Ummat, Jl Kapten P Tendean no 59, Yogyakarta 55252.
Telp / fax . 0274 – 413746
E-mail : pkpuyogya@usa.net, pkpuyogya@myquran.com
Homepage : www.pkpu.or.id

RUMAH ZAKAT

Yogyakarta

(0274) 377671

(0274) 377671

Jl. Veteran No.9 Kel. Mujamuju, Kec. Umbulharjo – Yogyakarta.

MER-C

Sekretariat MER-C Jogja : Jl. Monjali No. 16 C, Nandan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Telp: 0274-7430803

Alamat Instansi Pemerintah


Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil 
JL.Kenari No. 56 Yogyakarta 
Telp: 62-274-563925

Dinas Kebersihan, Keindahan, dan Pemakaman

Dinas Kebersihan, Keindahan, dan Pemakaman 
JL.Bimasakti No.1 Yogyakarta 
Telp: 62-274-515876

Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta

Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta 
JL.Prof.DR.Sardjito No.5 Yogyakarta 
Telp: 62-274-515868, 515869

Dinas Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat

Dinas Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat 
JL.Kenari No. 56 Yogyakarta 
Telp: 62-274-563730

Dinas Pariwisata Seni dan Budaya

Dinas Pariwisata Seni dan Budaya 
JL. Suroto 
Telp: 62-274-588025

Dinas Pendidikan dan Pengajaran

Dinas Pendidikan dan Pengajaran 
Jl HayamWuruk 11 Yogyakarta 55212 
Telp: 62-274-512956, 563078, 544521 
Email: pendidikan@jogja.go.id

Dinas Pengelolaan Pasar

Dinas Pengelolaan Pasar 
JL.Pabringan No.1 Yogyakarta 
Telp: 62-274-561510, 515871

Dinas Perekonomian

Dinas Perekonomian 
JL. Kenari No.56 Yogyakarta 
Telp: 62-274-515865, 615866 PSW.123

Dinas Pertanian dan Kehewanan

Dinas Pertanian dan Kehewanan 
JL.Batikan No. 20 Yogyakarta 
Telp: 62-274-376016

Dinas Prasarana Kota

Dinas Prasarana Kota 
JL.Kenari NO. 56 Yogyakarta 
Telp: 62-274-515867, 586795

Dinas Tata Kota dan Bangunan

Dinas Tata Kota dan Bangunan 
JL.Kenari No. 56 Yogyakarta 
Telp: 62-274-515865 Psw 163,178

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta 
Jln. Gambiran Nomor 26 Yogyakarta 
Telp: 62-274-371977 
Fax: 62-274-371977

Instansi Dinas Ketertiban Kota Yogyakarta

Instansi Dinas Ketertiban Kota Yogyakarta 
Jln. Kenari No. 56 Yogyakarta 
Telp: 515865, 515866 psWt 128, 113, 156, 157

Instansi Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta

Instansi Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta 
Jln. Magelang No. 41 Yogyakarta 
Telp: 62-274-561787

YP2SU
Yayasan Peningkatan dan Pengembangn Sumberdaya Ummat
Jl. Retnodumilah 29 A Rejowinangun Kotagede
Yogyakarta Indonesia 55171
0274 – 414 304

Program Kami

PUSPA– Pendampingan Usaha Berorientasi Pasar–
ATM –Acsess To Market–
ATF — Acsess To Finance–
Jasa Keuangan Mikro Syariah
PRBBK –Pengurangan Resiko Bencana Berbasis Komunitas–
PRBBS –Pengurangan Resiko Bencana Berbasis Sekolah —
Konsultan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*