Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning KOPI-KOMUNITAS PEDULI INDONESIA (HASIL PERTEMUAN TEAM FEBRUARI 23, @ FOOD COURT GELANGGANG MAHASISWA UGM ) – Andy eko wibowo

KOPI-KOMUNITAS PEDULI INDONESIA (HASIL PERTEMUAN TEAM FEBRUARI 23, @ FOOD COURT GELANGGANG MAHASISWA UGM )

Dear temen-temen…kali ini andy akan menceritakan tentang pertemuan  team yang saat ini sering sekali andy ceritakan ketemen-temen. bisa dibaca mulai dari sini bagi yang belum pernah tahu.

pertama , andy akan ceritakan tentang rencana yang dibahas pada rapat ini (dibuat oleh andy pribadi)

IMG_0001

nah…dalam pertemuan tersebut kita menghasilkan beberapa kemajuan, pertama adalah kita mengetahui secara lesan gambaran masyarakat timoho baik dari tulisan silvia dwi maupun lesan dia.

 

pertama, melalui lesan, kita dapat mengetahui bahwa :

  • Ledok Timoho tersebut merupakan suatu pemukiman dimana RT/RW nya tidak pernah mengakui bahwa daerah tersebut termasuk kawasannya
  • Pimpinan disana adalah mas BEM BEM yagn merupakan satu –satunya orang terpelajar disana
  • disana telah ada akses beberapa LSM, yang menangani pendidikan serta kesehatan
  • pernah diadakan pelatihan – pelatihan (tapi belum tahu apa saja), namun tidak greget.
  • dulu, TPA itu dipegang oleh SOSMAS BEM KM UGM, namun sekarang entah masih ada atau tidak
  • disana sudah ada listrik tapi jelek

kedua,melalui tulisannya didapat :

IMG_0010

IMG  IMG_0008

nah setelah tahu secara nyata gambaran yang dikemukan acha, kemudian temen-temen mulai bertanya ini itu ini dan itu (lupa g di note klo yang ini)..

kemudian kita mulai menentukan langkah – langkah kesana, yang dituliskan dalam beberapa tahap , yakni :

IMG_0019

penetrasi agar kita bisa masuk ke komunitas sana, melewati hal apa saja dan bagaimana jalurnya

identifikasi masalah itu adalah melihat peluarng –peluang yang dapat kita gunakan untuk memberikan penghasilan tambahan bagi mereka baik mingguan, bulanan, maupun harian. di sini kita juga sudah harus tidak dianggap asing oleh mereka

 

pemberian lowongan kerja—>disini kita sudah menyiapkan pekerjaan apa saja dan diharapkan lowongan kerja ini dilakukan mereka dengan sukarela sehingga mereka diberi pilihan. diharapkan pekerjaan yang diberikan adalah yang tidak mengganggu pekerjaan utama mereka

tahap kerja—>disini tahap kegiatan mereka melakukan pekerjaan dan mulai menghasilkan uang

 

dari sini, maka kita membagi dalam dua team, yang pertama adalah team humas, dan yang kedua adalah team pekerjaan.

dimana team humas ini memuliki jobdes yakni menjadi penghubung antara arus atas (LSM, donatur, mahasiswa, relawan) dan arus bawah.

IMG_0020  teknis pekerjaan yang dilakukan saat ini adalah (Pe er team)

1. mikirin 1 minggu kedepan rencana apa aja yang bisa diomongin ke mas bem bem agar kita masuk kesana. kita ngasih gambaran apa yang mau dilakukan disana tapi tidak muluk – muluk sehingga janjinya tidak ditagih—>disini butuh orang yang bener – bener pinter ngomong dan menimbulkan empati simpati serta tak terkesan angkuh. tapi tugas yang penting di point ini adalah team ini memikirkan rencana apa yang akan diomongkan ke mas bem bem dan dilaporkan saat rapat besar minggu depan (harinya ditentukan nanti sesuai kesepakatan)

2. memikirkan pendekatan seperti apa yang dapat mempercepat kedekatan kita dengan mereka sehingga mereka bisa kita arahkan tanpa mereka ragu dengan arahan kita. intinya kita harus memikirkan bagaimana strategi pendekatan yang baik sehingga mereka percayaa kepada kita tapi tidak memanfaatkan kita. dan ini juga dilaporkan saat rapat besar minggu depan

3. memikirkan obyek yang akan kita jadikan sasaran donatur kita (disini kita butuh temen-temen yang pinter bikin proposal (bisa beberapa orang yang nanti akan dibagi dalam proposal bahasa indonesia dan english) sekaligus banyak link-link ke lembaga-maupun person yang berpengaruh).

4. target adalah minggu depan kita sudah mulai turun kelapangan melalui tahapan – tahapan yang dipikirkan humas, adapun tahapan – tahapan yang tadi telah dibahas adalah :

jika bisa kamis atau sabtu kita ketempat lokasi dan bertemu mas bembem.

jika kamis sudah bisa ketemu mas bembem, maka kita minggu insyaallah kita sudah bisa ngajari TPA disana.

tapi ini masih usulan dari temen-temen, so…ini PR andy untuk menindak lanjuti.

 

selanjutnya adalah teknis pekerjaan yang dilakukan team pekerjaan :

1. mengumpulkan karya apa saja yang kira – kira berpeluang untuk pekerjaan disana bisa dari ide pribadi, mencari lewat jalur temen-temen (baik sms, FB, maupun lainnya), atau apapun. pekerjaan yang dicari bisa merupakan pekerjaan yang menghasilkan uang tambahan mingguan, bulanan, maupun harian namun tidak menggeser kedudukan pekerjaan utama mereka. Jadi pekerjaan ini dimaksudkan adalah pekerjaan yang bisa dilakukan pada waktu senggang mereka.

2. memikirkan secara tertulis (lebih baik) bagaimana mengolahnya, dimana menjualnya, dan bagaimana agar pekerjaan ini bisa dilakukan mandiri tanpa harus campur tangan mereka.

adapun untuk team produksi, sudah ada beberapa ide dari temen-temen minggu yang lalu. ide tersebut bisa dibaca disini dan disini.

 

 

selain menghasilkan jobdes tersebut yang nantinya temen-temen relawan diharapkan untuk memilih masing – masing bagian tersebut dan ikut berpikir serta menyumbangkan ide, saran, maupun tenaga bagi kami, ada juga informasi – informasi yang membuat aku begitu kagum dan tidak berhenti-berhentinya mengagungkan nama Allah. adapun informasi – informasi tersebut adalah :

1. kita sudah mendapatkan uang dari donatur sebesar 1.500.000 sebagai sarana kita untuk melangkah

2. mulai saat ini kita sepakat membuat suatu komunitas dengan nama KOPI (Komunitas Peduli Indonesia). dengan terpentuknya KOPI ini maka , komunitas ini akan menjadi wadah bagi temen-temen sekalian yang ingin berkontribusi.

3. dalam komunitas ini disepakati bahwa komunitas ini bersifat relawan, yakni temen-temen bisa bebas masuk dan keluar dari komunitas ini (aktif dan non aktif), dengan catatan jika temen-temen keluar maka diharapkan sudah menyelesaikan tanggung jawab yang dikerjakannya. komunitas ini tidak terikat , temen-temen bisa berkontribusi dalam KOPI sesuai bentuk yang temen-temen bisa lakukan, meskipun diharapkan bisa lebih berkontribusi secara nyata dalam bentuk pergerakkan yang akan kita lakukan bersama – sama. KOPI juga disepakati sebagai komunitas temen-temen yang akan sangat bermanfaat saat kita dewasa nanti (bukan sekarang), karena dengan komunitas ini, kita saat sukses nanti ^^, sudah memiliki akses untuk berbuat kebaikan. Proyek ini (timoho) juga disepakati bukanlah proyek pertama dan terakhir, namun hanya sebagai salah satu proyek yang akan menghantarkan kita kepintu akses – akses itu. secara pribadi , andy yakin akan banyak kegagalan diproyek ini, namun temen-temen jug sepakat bahwa proyek ini adalah awal dari kita untuk membikin perubahan.

4. dibutuhkan waktu /planning yang tepat untuk menyelesaikan proyek timoho dan berpindah keproyek lainnya.

5. kita mendapatkan akses LSM – LSM yang berpotensi akan bisa membantu kita. salah duanya adalah sebagai berikut :

 

 

IMG_0006

IMG_0007

IMG_0017adapun untuk KOPI sendiri meninggalkan PR yang harus dibahas selanjutnya

1. VISI dan MISI secara tertulis yang berfungsi untuk meyakinkan pembaca baik untuk donatur, maupun rekruitmen relawan

2. Tempat berkumpul yang merupakan sarana tempat perkumpulan kita (sekretariatan)

3. FB, group, blog, dan website sebagai sarana komunikasi kita yang lebih mudah saat kita tidak bisa bertemu secara langsung. adapun dengan adanya ini, maka KOPI diharapkan memiliki cabang-cabang diseluruh Indonesia sehingga pergerakkannya tidak hanya di JOGJA. dengan adanya ini pula, KOPI diharapkan menjadi gerakkan yang menyebar melalui media komunikasi seperti FB baik mereka anggota hanya bisa berkontribusi sebagai pemikir maupun penggerak didaerah masing-masing dan yang jelas nantinya ada suatu pergerakkan yang mampu menjadikan pemuda lebih produktif serta mengenal bangsanya sendiri.

 

 

mengenai proyek ini ada usulan yang benar – benar hebat dari temen-temen, latar belakang usulan ini adalah gimana jika kita tidak hanya mengusahakan kepada mereka sosial ekonomi, tetapi beebrapa aspek (yang akan saya sebutkan dibawah), agar apabila sosial ekonomi gagal, maka kita meninggalkan sesuatu untuk mereka.

IMG_0002

usulan ini benar – benar bagus menurut ku, namun dengan adanya usulan ini, maka kita juga harus membentuk beberapa team yang membutuhkan lebih banyak pemikir – pemikir. mungkin ada baiknya jika usulan ini kita pikirkan saat kita sudah benar – benar tahu kondisi lapangan atau malah usulan ini kita masukkan ke bagian rencana penetrasi/PDKT ma mereka sehingga secara tidak langsung mengurangi beban dari team kita.

adapun untuk saat ini, kita fokus ke dua team yang sudah terbentuk dan mengerjakan PR untuk minggu depan. bagi temen-temen yang tadi tidak berangkat, diharapkan dapat berkontribusi selanjutnya dengan masuk ke salah satu team tersebut dan mulai mengerjakan PRnya..

adapun PR untuk fb, group, dan misi visi akan menjadi PR saya pribadi yang nanti akan saya angkat ke pertemuan selanjutnya.

 

 

berikut akan saya tuliskan daftar relawan yang berpartisipasi dan ingin berkontribusi baik melalui bentuk penggerak maupun pemikir (nama FB, bagi yang tersinggung namanya dicantumkan, harap confirm ke aku ya kawan- kawan, akan andy hapus) :

 

1. Yonika arum

2. Hairi cipta

3. Reva zulhyendri david

4. Sahis tea a

5. Nur hadi

6. Rizki sang panda

7. Fikriansyah bin irman

8. Silvia dwi

9. Fityanda wedha sarosa…

10. Titis Widyandaru Elok Sayekti

11. Muhamad Khoirur Roziqin,

12. Peduli Pada Sesama,

13. Eka Widiyanto,

14. Siti Fatimah

15. Yan se

16.Rina wahyuningsih

17. Itheng cemani

18. Annisa Qisthia Fathdhieny

19. Puji Lestari

20. Yuli nurullaili

 

diharapkan temen-temen, dapat mengajak temen-temen yang memiliki satu visi dan misi (meskipun belum jelas visi misinya) untuk bergabung ke KOPI.

  notulen rapat tadi :IMG_0004 IMG_0005            *bagi temen-temen di luar jogja, jika benar-benar merasa terpanggil dan ingin bergabung dengan team ini, diharapkan menghubungi kami melalui FB maupun coment di blog ini.

8 Comments on KOPI-KOMUNITAS PEDULI INDONESIA (HASIL PERTEMUAN TEAM FEBRUARI 23, @ FOOD COURT GELANGGANG MAHASISWA UGM )

  1. saya punya temen aktivis HD,, baru coba saya hubungi buat nanya2… siapa tau bisa kerjasama atau bisa ngajuin proposal di sana.

    oya, kata si imron (dlu menko internalnya BEM KM) ada banyak dana dari mensos. tp bilangnya udah sekitar beberapa bulan yg lalu. entah sekarang msh bisa diakses gak. boleh kali nyoba ngajuin proposal ke sana. hehehe…

  2. kopi terbuka untuk umum?
    aku bersedia bergabung untuk tujuan baik ini
    tapi sayangnya aku gak berdomisili di Yogjakarta
    apa masi boleh ak gabung dengan kalian?aku pribadi antusias skali untuk komunitas seperti ini

    tolong di konfirm
    makasi

    (kriestiana)

  3. punchsukahujan–makasih mbak…akan aku arsip ke IDe -ide pemikiran

    anonim–tentu saja insyaallah bisa kawan…karena tidak harus anda disini, tapi bisa saja mencarikan relasi relasi link dan memikirkan bagaimana cara menyelesaikan permasalhaan yang selalu kita share di group kami
    apa FB mu kawan??

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*