Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning PD UGM Dari Masa ke Masa – Andy eko wibowo

PD UGM Dari Masa ke Masa

Perjalanan PD UGM dari masa ke masa dimana aku terlibat sangatlah panjang. Penuh suka dan duka, dimana suka membuat hidupku berkesan dan betah di perisai diri UGM, sedang duka yang tercipta dari masa ke masa membuat aku lebih dewasa, lebih mencintai keluarga ini. Langsung aja  deh, dari awal aku masuk kesini, ke PD UGM.

Awal aku masuk kesini, mungkin bukan karena keinginan, tapi suatu kewajiban. Dengan bekal masuk UGM lewat jalur Olah Raga (Penelusuran Bibit Unggul Olah Raga dan Seni) aku secara resmi masuk UKM PD UGM tahun 2006.

Awal masuk (sebelum latihan) , penyambutan begitu hangat, disambut oleh mas toni, mas ari, mbak dewi dan teman – teman lainnya. (polos mode on). Saat latihan, mulai timbul masalah. Ada gejolak pola latihan, ada berbedaan pola latihan, begitu membosankan, begitu menjenuhkan. Dari SMP sampai sebelum masuk UGM, latihanku dikondisikan untuk menjadi seorang fighter (Naluri pembunuh), kini menghadapi situasi dengan pola latihan teknik (di PD UGM) gejolak mudaku untuk latihan dengan naluri seorang fighter berontak. Aku G betah disini..!!!Pelatih FIghter G ada sama sekali.kecewa dengan pola latihan, adaptasi susah, dan pisimis bisa berprestasi dengan pola latihan seperti ini, stress!!.

Ternyata waktu membuat diriku beradaptasi, gejolak mulai mereda, akal mulai berjalan, menjadikan motivasi berbuat sesuatu untuk diri sendiri. Latihan sendiri!!!Yah…latihan sendiri!!!Sampai disini aku menemukan pola latihan untuk mempertahankan naluri fighter ku meskipun dalam kenyataannya mulai berkurang.

Dalam organisasi, manajement PD UGM pada saat itu masih kacau dan berantakan (Masih dalam masa pemulihan setelah hampir terjadi kekosongan pengurus). Di ketuai oleh toni bersama ari, dia berusaha untuk mempertahankan eksistensi PD UGM. Wakil ketua saat itu mas angga, tapi angga masih aktif di UNY, jadi G pernah muncul di UGM.Ne foto mas toni dan mas ari

xUrang eXtended (85) Mereka berdua lah yang mencoba untuk mempertahankan keberadaan PD UGM

Di masa – masa mereka, anggota PD UGM hanya segelintir orang (yang latihan tidak lebih 10 orang) dan gersang (karena jarang sekali ceweknya, bahkan G ada sama sekali, cuma mbak dewi aja )

xUrang eXtended (17) Ne foto mbak dewi, dia itu sing ngopeni aku, gateke aku…dia mampu berperan sebagai seorang kakak bagi diriku, tempat curhatku, tempat berbagi, tempat manja, tempat jahilin…hehehe

Tapi dengan kegigihan mereka bertiga (turut aku acungi jempol), mereka mampu mempertahankan segelintir orang menjadi kelompok yang begitu kompak dan solid. dan juga mampu merekrut anak – anak laen sampai anggota berjumlah 16. Meskipun sedikit, jumlah itulah cikal bakal kita yang saat itu. Hingga pada saatnya tibalah pergantian pengurus, dengan acara makrab sebagai acara LPJ dan pergantian pengurus. Oh ya…sebelum makrab pada tahun itu, kita cerita dulu tentang siapa – siapa aja yang saat itu udah aktif sampai sekarang….

Klo pelatih tentu mas bari, mas junda, mas imron, dan mas pras selalu dari ada dari masa ke masa. ini foto mereka saat waktu itu…

Ne fotonya mas pras:xUrang eXtended (11) Ne fotonya mas imron dan mas prass:

xUrang eXtended (49) Ne fotonya mas junda:

xUrang eXtended (52) Ne fotonya mas bari:

xUrang eXtended (77) Nah…terus anak – anak yang latihan sapa aja???

Ne anak – anaknya yang latihan dulu sampai sekarang masih aktif:

xUrang eXtended (12)xUrang eXtended (38) Sapa coba ini….Hahaha.,, jelas ne si Pesulap kebanggaan Perisai Diri, SI tukang bayol, si tukang lawak, alias bang Kadir. Bagi pribadiku, khussusnya, beliau merupakan kakak sekaligus panutan pada hari – hari kemudian. Ada cerita yang sangat berkesan tentangnya dari diriku…. Salah satu orang penting yang menjadikanku lebih semangat di PD UGM, orang yang ngopeni aku juga pada cerita –cerita selanjutnya.

xUrang eXtended (81)xUrang eXtended (83)

sapa coba si cakep ini, tak lain tak bukan iksan. Dari dulu sampai sekarang, dia tuh kalo latihan selalu teratur, sistematis, jarang berimprov, tapi karena ketelitiannya itu, bagiku si pemilik teknik perisai diri terbaik dari dulu sampai sekarang, aku akui dialah orangnya

xUrang eXtended (73)333Ne mas mada, masih cakep…iya to???Trus di belakangnya sapa coba tebak??? tuh imut – imut banget. sapa lagi klo bukan ipul, dulu de panggilnya de ipul, coz masih imut – imut….

xUrang eXtended (45)xUrang eXtended (58)sapa coba tebak???This my partner, teman dalam segala hal untuk kedepannya. Klo pada saat foto ini dibuat, kita belum saling mengenal lebih dalam. Tapi pada masa – masa selanjutnya, dialah yang menjadi teladan bagiku, partner kerjaku, spiritku, dan juga teman berbagi dalam duka dan suka (tapi bukan homo). banyak sekali  cerita yang akan kami buat pada masa – masa mendatang, masa setelah acara makrab kali urang ini berakhir. Dialah super Kendo …alias kendo alias irfan effendi.

  andy Hahaha…ngakak sendiri klo liat foto ini.. Item, culun, sok cakep, kangen band banget….hahaa….apalagi liat foto ku yang dibawah ini..

xUrang eXtended (54)hahaha….minum teh anget dulu…cuy!!! Ne habis lepas dari pondok pesantren (SMA N 1 YOGYAKARTA). kok jelek banget ya aku..jangan – jangan sekarang juga jelek seperti ini ya???

Nah pada acara makrab ini pada intinya adalah pergantian kepengurusan. Pada keputusan ini, diputuskan bahwa aku menjadi ketua UKM Tahun 2006- 2007 (jedeng!!!) dan Kendo sebagai Ketua I nya. Sebenernya kendo yang berhak menjadi ketua,tapi karena dia tak bersedia dikarenakan masih menjabat ketua pemuda di Desanya. Dari sinilah, awal cerita ku berlangsung…awal perjalananku dengan kendo terjadi. Awal dari kecintaanku pada keluarga ini.

xUrang eXtended (20)  Dengan modal dan semangat teman – teman, kita berjuang bersama – sama. Latihan dengan sedikit orang, dan pengalaman organisasi yang sangat – sangat minim (langsung jadi ketua) membuat awal – awal kepengurusanku tersendat. Aku masih tergantung pada mas toni dan mas ari, padahal mereka bukanlah pengurus lagi, bukan menunjukan bagaimana cara membantu, tapi hanya memberi saran – saran. Hampir 2 bulan aku gagu, bingung harus bagaimana….disamping belum bisa terlepas dari mas toni dan mas ari, aku juga bingung dengan kesibukanku kuliah. Di tengah kebuntuan itu, kendo mulai berperan. mulai memberikan semangat dan motivasi serta dapat menjadikan dirinya sebagai partner kerja yang baik. Acara yang pertama yang aku lakuin adalah maen kerumahku dan pantai trisik. Disana terbentuklah panitia buka puasa. Dari sini mengalir sebuah keinginan utama dalam kepengurusanku yakni “Mencari anggota sebanyak – banyaknya (terutama cewek) dan mengaktifkan /meramaikan Markas UKM”. Sederhana, tapi dibutuhkan perjuangan yang keras dan tidak mudah. Karena mempertahankan itu lebih sulit daripada mencari,d an memang itu benar adanya. Apalagi mencari anggota cewek, bukan maen susahnya…tiap ada anggota cewek, latian satu hari , hari berikutnya ilang. Kita sebagai cowok, bingung memikirkan model pendekatan seperti apa. Judeg!!!!

Awal kepengurusanku, setelah maen ke rumahku, dengan pertimbangan “washting time”, karena kesibukanku selain kuliah juga ngurusin UKM, maka aku putuskan untuk tidur UKM (tinggal di UKM). Disinilah awal yang menjadikan peran bang kadir penting bagiku. (Waktu itu bang kadir juga tinggal di UKM). Tinggal di UKM tidaklah membuatku bereforia terhadap kebebasan, justru memberikan kedisiplinan tinggi. Nilai kuliahku meningkat tinggi dan prestasiolah raga juga menanjak, bahkan organisasi mengalir (UKM mulai ramai, karena komputerku aku bawa kesini). Banyak sekali kelucuan dan kegilaan yang terjadi di UKM, terutama dengan bang Kadir. Misalnya: Katanya Bang Kadir, klo aku tidur itu kaki dan tanganku kemana – mana, ampe katanya kepala bang kadir pernah kepukul tanganku. “ah…G mungkin!!!” ujarku tak percaya. Nah..pada suatu malem, Ternyata Bang Kadir jahil, batas kita tidur diberi sekat pedang dan toya. Nah….malem itu aku baru percaya…karena tanganku sakit mukul toya dan pedang….Uh…ternyata tidurku mengerikan!!!Laen hari – laen lagi ceritanya….Dulu kan aku sering sholat malem (dulu banget nech ceritanya, sekarang G!!!), Nah…usai sholat kan biasanya kita berdoa (tentunya tangan kita naek ke depan   dada),

image Nah…kurang lebih kaya ini aku berdoa…..Pas lagi khusu’ –khusu’ nya, aku kaget banget tuh, kok tiba – tiba aja ada sarimi jatuh dari atas, pas di tanganku….langsung aku liat ke atas ..eh..G taunya Bang Kadir udah ketawa ngakak!!!katanya “dongane kabul, dapet sarimi…wkwkwkwk!!!!” secara reflek aja aku misuh – misuh ma dya dan juga ikut ketawa ngakak!!Jangkrik..jangkrik…Cerita laen nech,….Suatu hari, pas hari Jum’at tuh…kita kan siap – siap mau jum’atan, tiba – tiba aja bang Kadir kok nyuruh aku berangkat dulu, katanya perutnya sakit , mau boker dulu. Ya Udah…aku berangkat dulu….Nah…setelah selesai sholat jum’at, aku balik ke UKM tuh…tapi kok UKM di kunci, dan radio nyala sedang menyiarkan sholat jum’at. Aku intip tuh lewat lubang – lubang pintu,….langsung aja ngakak!!!saat Radio allah Huakbar, ternyata Bang Kadir juga ruku..dan selanjutnya…Ternyata Bang Kadir sholat jum’at dengan imam radio…huahahaha…..ngakak aku!!!!alasannya setelah aku tanya “udah telat e….jadi ya sholat disini aja, pake radio kan sama!!wkwkwkw…..

Tapi banyak sekali pengalaman so sweet bareng bang Kadir, tiap aku tidur …klo  selimutku lupa g tak pake, aku diselimuti. Klo Pas aku sakit…sebelum dikeroki Mas Bari, pasti bang Kadir yang ngopeni aku…yang ngerawat aku. Sering Bang Kadir Beliin maeman aku, kadang dia G perhitungan. Aku dianggep adenya. Klo aku lagi mumet, dia selalu menghiburku…Dan Dia jugalah yang selalu bangunin aku sholat malem dan belajar malem. Dia mampu berperan sebagai kakak dan teman bagiku. Ada pengalaman yang tak terlupakan bagiku…saat itu romadhon, di hari – hari terakhir, anak – anak lain sudah mudik, tinggal aku sama bang Kadir. Harusnya aku juga ikut pulang, tapi aku G tega, ninggalin bang kadir sendiri.  waktu itu H-1 lebaran, pada waktu yang harusnya aku pulang, aku hampir nangis gara – gara G tega banget ninggalin bang kadir. tapi dengan berat hati aku tinggalin bang Kadir. (Bang Kadir klo G salah, ada JOB di hari lebaran, jadi dianya G mudik). Dan aku, pada hari ke tiga balik lagi kesini, demi menemeni bang Kadir. co cweet!!!Ada lagi kisah yang sangat mengharukan….Waktu itu UKM sedang mengalami renovasi besar – besaran, ruang UKM tidak bisa ditempati. Nah…secara otomatis kita ke gusur, dan tak punya tempat tidur / tempat tinggal. Untungnya Bang Kadir punya koz untuk nyimpan barang – barang sulapnya, meskipun sempit dia tetap mau menerima aku bobo situ,  sebagai tempat tinggalku sebelum aku dapat koz. waktu – waktu itu berlangsung lama sampai renovasi selesai, dan kadang bang kadir buatin sarapan aku, so sweet banget….

Berlanjut ke kisah UKM pada umumnya. Buka bersama PD UGM kepengurusanku, memiliki dampak yang sangat luas, selain aku bisa lepas dari ketergantungan pengurus lama, aku juga tahu siapa saja yang bisa aku ajak kerjasama untuk memajukan PD. Hari demi hari, kegiatan PD mulai terprogram, semua hal dilakukan untuk mencari anggota sebanyak – banyaknya. Semakin giat hal dilakukan, semakin banyak gagalnya, tapi kita tidak putus asa. Berbagai cara pendekatan dilaksanakan dijalankan. Saat itu muncul Kurniawan Adi Sarjono. Ne orangnya :

IMG_2182 Yang G pegang micropone.

Nah…Si kurniawan ini lah yang akan jadi partnerku dalam menggerakkan UKM. Klo Kendo selalu memecah kebuntuanku dalam “apa yang harus ku perbuat” dan “menghidupkan kembali UKM”, maka kurniawan lah yang membantu  menggerakan sistem organisasi pada umumnya, dan khususnya “keuangan” (tukang tagih utang apek tenan). Kita bertiga saling mengisi satu sama laen dimana tujuan utamanya “mengusahakan UKM PD bertambah banyak anggotanya”. Salah satu ide yang keluar dari pemikiran kita adalah upaya “menonjolkan art (seni) beladiri sebagai daya tarik”. Upaya ini direalisasikan dengan lebih konsentrasinya kita ke acara – acara demonstrasi. Imbasnya kita lebih mengembangkan teknik – teknik senjata yang lebih menarik ketimbang kekerasan dan teknik membunuh. Teknik kipas dan teknik toya menjadi garapan utama Mas Bari dkk dengan promotor Aku, kendo dan kurniawan. Dari situ kita membuat kipas 12 dan membeli toya banyak ditambah double stick. Acara – acara seperti Upacara penerimaan Mahasiswa Baru, Gelanggang Ekspo, dan melatih mahasiswa asing teknik senjata (yang ikut Perisai Diri) mendatangkan anggota yang lumayan banyak. Ne anggota orang luar negeri yang latihan di PD :

100_0295 Aku lupa namanya….tapi dia latihan dengantemannya. Karena dia tidak mengerti bahasa englishku (mereka kurang bisa bahasa inggris baik dan benar , wkwkwkwk….kebalik ding!!), maka aku cuma bisa yes no, klo lagi ngajarin mereka kipas.wkwkw….

100_0294 Nah,….itu foto kita bareng – bareng, saat mereka mau perpisahan, nah..cewek yang bawa kipas itu dinar, itu klo G salah anggota cewek pertama kita yang sampai sekarang masih aktif.

(intermezo)……

eits…tunggu dulu, ne wajahku dipengurusan kurniawan, udah bertransformasi menjadi andy yang G culun….

DSC01608 Masih alim, wkwkwkw….tapi berani maen remi….ne judi lho !!!(hahaha…bercanda), ne fotoku yang tampak depan :

NNah…itu aku, masih alim kan!!!wkwkwk…padahal sebelum foto, aku G pake baju, trus karena semua baju kotor, akhirnya pake baju itu..hehehe (bo ong juga!!!)

100_0303klo si mike (klo g salah) tatonya cuma di bagian lengan, maka tatoku adalah di bagian???(liat G??)..yub,,,.seluruh kulitku itu tato..wkwkwk..masa G liat???

(intermezo selesai……….) 

Mulai dari situlah, anggota – anggota baru mulai berdatangan. Aku masih inget, anggota cewek yang datang pada saat itu pertama kali adalah Rusda kemudian Dinar. Nah…selanjutnya mulailah banyak cewek – ceweknya di PD UGM .Ne anak – anaknya:

P1010001 Ne dinar sama bang kadir, G tau tuh lagi ngapain…!!!wkwkw….

Nah…dengan adanya hal – hal seperti itu, anggota kita mulai banyak tuh, baik cowok maupun cewek….Selanjutnya hal yang harus kita pikirkan adalah bagaimana agar anggota kita bisa akrab dan betah latihan di UGM. Nah terbesit kata outbond, pada akhirnya outbond pertama dilakukan , dan outbond ini menjadi trend tahun – tahun selanjutnya karena efektif sekali mempertahankan anggota dan membuat akrab anggota satu sama lainnya.

Ne foto – foto pas kita lagi outbond:

P1010005 Ne lagi mau berangkat ke lokasi outbond di kalikuning, tuh..bang kadir pamer gigi.

P1010002

Ne lagi pemanasan. Liat iksan (depan sendiri keliatan culun), dan kurniawan yang sedang nyari uang.

P1010024

Nah…ini aku, lagi maen di permainan outbond. Tuh anggota kelompokku, ada ipul, jalu (yang sekarang krebo), dan dinar…

Bulan demi bulan berganti, dan akhirnya, tiba saat pergantian kepengurusan, aku harus lengser dari kepengurusan. DIsinilah mulai ku sadari, betapa masih banyak yang harus aku lakukan untuk PD, betapa tujuanku belum tercapai, dan target organisasi belum terlaksana. Dengan menyisakan kekacauan administratif organisasi, aku meninggalkan jabatan. (administrasi tak jalan babar blas, surat menyurat dll).

Namun, yang perlu digaris bawahi, bahwa dari mulanya naluri figh menggebu – gebu, pada akhir kepengurusanku aku memiliki pemikiran baru, pemikiran yang perlu di INGAT –INGAT buat anak – anak yang latihan, terutama anak PBOS seperti Nadya, gigeh, alfredo, eny, dan mahasiswa PBOS laen. Pemikiran itu adalah dimana ternyata TIDAK BISA APABILA KITA SEBAGAI MAHASISWA UGM, UNTUK BISA OPTIMAL BERPRESTASI DALAM BIDANG KITA, MENJADI SEORANG FIGHTER. KITA BUKANLAH FIGTER, KITA ADALAH ORANG YANG FOKUS DALAM KONSENTRASI BIDANG KULIAH KITA, FIGHTER DENGAN BIDANG KULIAH KITA. JANGAN TERLALU KECEWA DAN TERFOKUS UNTUK MENJADI SEORANG FIGHTER, TAPI FOKUSLAH PADA BIDANG KULIAH KITA, NAMUN JIKA ADA KESEMPATAN MENJADI SEORANG FIGHTER, ATURLAH WAKTU KALIAN DAN OPTIMALKAN KALIAN UNTUK DUA HAL YANG BERTOLAK BELAKANG’”TENAGA PEMIKIRAN DAN TENAGA FISIK”

Selanjutnya pada kepengurusan tahun setelah aku, Kurniawan menjadi ketua. Dan Kendo wakil Ketua kembali. Sedangkan aku koordinator bagian pengembangan bakat dan minat. Mulai Disinilah aku melakukan kesalahan, saat kepengurusan kurniawan, aku terlalu mengharapkan dia lebih sehingga hal – hal yang dilakukan kurniawan membuat aku kecewa. Aku minta maaf ya kur, karena selama kepengurusanmu, aku selalu mendiktator dirimu. Mungkin dirimu jarang muncul lagi di UKM juga salah satunya gara – gara aku yang terlalu berharap lebih. Bukan maksudku kur, maafin aku!!!. Aku masih inget kok, kenangan indah yang kita lalui bareng – bareng, sering aku ma kurniawan beli lauk bareng, dan nasinya aku tanak sendiri. Curangnya, dia tuh males banget asah = asah (cuci piring)…aku dech yang sering jadi kalahan untuk nyuci piring, tapi setelah itu aku masih inget kita trus buat jadwal siapa yang cuci piring setelah maem di UKM. Sering kurniawan yang beli lauk, trus aku yang nanak nasi. hahaha…jadi inget kenangan itu, yang bagiku, itu salah satu kenangan indah. Tapi sekali lagi aku minta maaf ya kur, karena mungkin kamu g bisa bergerak leluasa sebagai ketua, aku hanya ingin kamu juga turun campur tangan. Kekecewaan ku pertama padamu, pas GELEX ( Gelanggang Expo ) tahunmu, aku sendiri yang membuat stan, sedangkan kamu nampak sekali ogah – ogahan bantu aku….(padahal kendo lagi KKN). Padahal aku berharap lebih dari sekdedar membantu, tapi juga menginisiasi kerjaan itu. Tapi, lupakanlah!!!mungkin kita berbeda pemikiran dan konsep. Terlepas dari kekecewaan, dia adalah sosok sahabat yang mampu memberikan rasa humor berbeda. Cakep orangnya, tinggi gede, tapi agak solopok. Dia slalu goblok – goblokin aku, padhal dia itu yang goblok…wkwkw…inget aku pas dia di kerjain sama bang kadir, bang kadir sms ngaku – ngaku cewek, nah sama kurniawan ditanggepin sampai beberapa hari. dan beberapa hari kemudian baru tahu klo itu nomernya bang kadir,.,wkwkwk…kacau!!!selain itu ada yang lola lagi (loading lambat). Pas itu , de langit kan ngasih rincian tentang keuangan kegiatan buka puasa bersama, nah de langit itu udah nyatain totalnya berapa gitu…Nah…pas itu kurniawan dengerin serius banget tuh, trus setelah de langit diam, tiba – tiba aja kurniawan nyeletuk “jadi totalnya berapa de langit"?” serius gitu mukanya….Ya kontan aja, kita semua yang ada disitu ketawa ngakak dan ngoyo – ngoyo kur – kur Lola…oalah kur!!!

Di tengah – tengah kepengurusan , kurniawan jarang sekali muncul, selain karena skripsi, juga mungkin ‘karena aku’. kepengurusan di back up kendo dan temen – temen lain. Di sinilah aku mulai belajar dari kendo. mulai mengaguminya. Diam, tenang, tapi mampu memanagemen segalanya. mampu mengendalikan segalanya. This real…Mungkin, dialah pemimpin yang sebenarnya dari kepengurusanku sampai sekarang. Justru kelebihannya adalah mampu membuat semua orang memegang peran, dan merasa dirinya bukanlah orang yang penting (tidak menonjol), berbeda sekali dengan aku….Yang selalu ingin dominan. Kita sering sekali bercerita tentang banyak hal, mulai dari hal yang penting, sampai g penting, mulai dari yang pribadi sampai yang g pribadi, Dia mampu menjadi es dalam gejolak membara, mampu memberikan aku saran – saran yang memang mendewasakan. Tapi, Pada masa – masa yang akan datang, seorang wanita merebutnya dariku…T.T, dialah de Nina…Saat itu datang, kita udah jarang lagi cerita – cerita, meskipun sering ketemu, kita udah jarang maem bareng lagi, meskipun kita ada dalam satu ruangan, kita jarang menggila bareng lagi, meskipun kita ada bersama. Tapi aku bahagia, karena dia juga bisa bahagia, kini Kendo dan nina merupakan bagian yang membuat aku sering menggodanya….wkwkw…..

Kepengurusan kurniawan memberikan beberapa tinggalan dimana anggota semakin banyak jumlahnya, Pada saat itu, berkat GELEX (Gelanggan Ekspo) muncullah eca Cs. Beberapa ekor temen – temennya eca, yakni Sari, dita, Najwa terbuai oleh marketingku…(ini serius, ungkapan dari eca sendiri). Kemudian disusul Silvia Dwi (aca), yang emang mencari perguruan silat. Dan juga Nina yang emang daftar, saat itu yang nerima pendaftaran aku juga. Ne foto – foto mereka

IMG_2367 Ne foto mereka pas sabuk putih, ujian kenaikan tingkat di UGM. Sementara itu, dita lebih memilih menjadi penyiar Radio dan berhenti di dunia persilatan, sedangkan nantinya acha, nina, najwa, sari, dan eca menjadi dedengkot Perisai Diri.

Aku kurang inget, apakah de dian daftar pada kepengurusanku atau kepengurusan kurniawan, tapi yang jelas,…dian bisa bergabung dengan eca Cs dan menjadi dedengkot juga. Ne foto dian:

DSCN1697 Nah,…noh…, lagi apa e de??kamu kok senyum – senyum….

Lalu muncul mbak fitri juga. Dia pada akhirnya akan menjadi bagian dari PD UGM sebagai si Dewasa, dan perannya secara pribadi bagiku, mampu menggantikan mbak dewi, sebagai kakak.

Nah…secara keseluruhan, anggota perisai diri UGM pada masa kurniawan (2008-2009) menjadi sangat banyak. Nah…ini gambar anggota PD UGM pas ikut acara UKT 2009 januari.:

P3010006Ne anggota cewek perisai diri pad tahunnya kurniawan, inilah cikal bakal cewek PD UGM, yang membuat cowok – cowok betah latihan disini 

P3010022Trus ini, jumlah keseluruhan anggota PD UGM pada tahunnya kurniawan. Dimana aku? klo G salah, pada saat itu, aku sengaja menghilang, gara – gara ada masalah pribadi..wkwkwkw……dan aku mulai muncul lagi saat ada Kejuaraan POMDA 

Selain itu, PD UGM mulai bergaung dalam kejuaraan DIY-JATENG di UNS solo, semua atlet memperoleh medali di KEJURNAS BALI, dan PD UGM mulai bangkit untuk bersiap – siap kompetisi ke Kejuaraan Nasional dan INternasional pada tahun- tahun berikutnya. Di Kepengurusan kurniawan, prestasiku juga mulai bergaung “kembali”.

 

1_189043876l

Ne atlet – atlet kita yang berjuang di KEJURNAS PD UGM, di manager i Nina, membuat mereka lebih bersemangat untuk memboyong medali dan piala.

Selain itu, di kepengurusan kurniawan, kita menjadi jauh lebih kompak, meskipun kurniawannya sendiri sibuk dengan urusan kuliah, namun tetap saja kepengurusan ini memiliki gebrakan yang benar – benar hebat dalam acara – acara dan kegiatannya. Salah satu gebrakan itu adalah adanya acara “one day competition DIY-JATENG”. Bagiku acara ini hebat!!!karena anak – anak mampu membuat suatu acara pertandingan yang begitu besar. Saat acara ini, aku hanya bisa membantu awal – awal, karena aku ikut KKN. Ne foto – foto kita:

DSCN1655 Panitia sibuk setting tempat

DSCN1678 Panitia in action…jualan minuman dan pin dan pulsa axis…minumnya C2 (wkwkw..dpt seponsor itu bu…)

DSCN1782

Panitia dan atlet PERISAI DIRI UGM yang memperoleh medali pada acaranya sendiri….wkwkw…kita juara lho!!!!

DSCN2364Ne anggota semuanya minus aku…wkwkwkw…buanyak banget kan??? 

Nah….kepengurusan kurniawan meninggalkan jumlah anggota yang jumlahnya tidak maen – maen. baik cowoknya maupun ceweknya. Tapi sedikit bocoran nech!!!Dulu, kita dipusingkan dengan sulitnya mempertahankan anggota cewek. Setelah tau trik bagaimana mempertahankan anggota cewek, kini kita dipusingkan dengan hal lain, yakni terkadang cewek – cewek itu sering ngambek, mudah tersinggung, dan kadang marah – marahan. belum lagi urusan suka menyuka. Nah…Jedeng!!!kita dipusingkan dengan hal seperti ini sekarang..wkwkw…Apalagi nanti, saat adanya TC (training Center) dimana kadang ada cewek yang ngambek, G on time (klo dimarahi ngambek), trus group-groupan (ngeGank), ngegosip, wuh…..susah banget tuh!!!rasanya G enak latihan….wkwkw….Tapi untuk kita saling back up, jadi masalah – masalah seperti itu sering malah menjadikan kita saling kompak dan dekat.

Meskipun kepengurusan kurniawan sukses dalam menggaungkan PD UGM, dan merekrut lebih banyak anggota daripada kepengurusanku, namun tetap saja urusan administrasi tetap menjadi urusan utama. Dan di kepengurusan setelah kurniawanlah, urusan ini mulai membaik.

Kandidat terkuat kepengurusan selanjutnya ada dua, yakni malik dan eca. Oh iya…munculnya malik itu tiba – tiba, katanya untuk masuk ke PD UGM, dia sudah mengamati kita latihan selama 1 bulan,. wow….. dan akhirnya melalui voting, terpilihlah Maliq sebagai ketua dan Eca wakil. Disini, lagi – lagi kendo menempatkan diri kedalam jabatan yang sangat berperan, dan mungkin kendo sudah tahu sisi kekurangan kita, yakni sisi administratif, sehingga kendo memilih sekretaris untuk jabatannya. Aku masih dipercaya pada sisi yang ngurusi kurikulum latihan, acara exsibisi, dan Training center.

Oh…iya, sebelum kepengurusan malik, (berarti kepengurusan kurniawan), kita juga membentuk sub UKM, wkwkw….dimana sub ukm ini memfasilitasi kita untuk melakukan kegiatan laen bareng – bareng anggota PD. nampaknya sub ukm ini sangat membantu untuk mempererat keakraban, ada sub UKM Futsal, sub UKM bulutangkis, Sub UKM nonton bareng, sub UKM touring /jalan – jalan bareng. Sub UKM Bulutangkis latihan tiap hari Kamis di Lembah UGM (klo G salah). Ne gambar – gambar saat kita melaksanakan kegiatan sub UKM :

 DSCN1462 Ne team futsal kita pas mau tanding futsal antar UKM di gelanggang

DSCN1460ne aku ma mas mada, gara – gara kita kalah, aku jadi stress kaya gini. trus tiba – tiba aja gejala ayan!!!wuih…..rame banget pas itu nolongin aku, lidah menjulur, keluar busa, tangan kaku, dan mata melotot. (bo ong mode on),hehehe….

 DSCN1897Tuh, si BK (bang Kadir) lagi ngejek musuhnya pas badminton. Trus malik shok banget liat bang kadir. Malik said “wah, satu team ma orgil, susah ne menangnya..”.wkwkwkw…peace bang!!!

 DSCN1899Ne angga ma mas hanif, dia nyoba memenangkan pertandingn ini, wkwkwk…. 

DSCN1921Ne pas kita makan di pinggir jalan, pas mau beli toya di solo. Aku dimana?aku masih kkn 

DSCN1927Ne kita jalan – jalan disekitar an jogja aja, ne dalam rangka menemani Hero (temen kita yang dari jepang n sekarang dah balik ke jepang,besok aku buat blog spesial tentang dia) 

DSCN2057ne dalam rangka peringatan 17 agustusan, main ke tempat Cak man (bapaknya langit, indra, jagad, tatit, lintang, dan pelangi). kita nyemangati mereka yang lagi ikut kejuaran 17 an….ne foto mereka pas maen,..

 DSCN2103seru, itu indra sama tatit lagi ambil uang diterong, wkwkwk….belepotan angus… 

DSCN2110

ne jadinya….wkwkwkw…tuyul – tuyul maenan angus….

DSCN2216ne kita lagi maen – maen ke pantai trisik (pantai deket rumahku!!!), trus aku mana? ini ceritanya mereka sebelum liat aku ikut jatilan dalam rangka festival budaya di daerahku..nah, aku lagi joged pas mereka dipantai…G percaya??ne fotoku…..

100_6205Nah…tu aku…lagi nari leak ceritanya….pokoknya keren dech!!!! 

101_2360jurus laenne…wkwkwk….mau kilat T, hehehe..g ding…itu rangkaian tari kok!!! 

Habis itu, mereka maen ke rumahku, n maem pecel lele temen….Trus ceritanya hero (anak jepang itu) sakit, dan akhirnya tidur rumahku…hehehe…dan pulang paginya….

Masa kepengurusan malig adalah masa sekarang, ya masa dimana aku berada sekarang…seperti apa wajahku sekarang…beda lah ama wajahku yang dulu…..

liat perubahannya…

andy before……

DSCN1130

after…. (G jelas ya…..)ne yang jelas…

 

andy Nah….klo dibandingin dari yang dulu lebih cakep kan??tapi klo dibandingin aslinya jauh lebih cakep yang aslinya….hehehe……

Nah…inilah wajahku masa sekarang, bagaimana dengan wajah PD dimasa sekarang??masa kepemimpinan malik????

Jawabannya adalah luar biasa…..aku tak menduga…bahwa kerja sama yang berkesinambungan dengan proses yang alami dan pembelajaran mencari anggota yang kontinue mampu merekrut anggota yang banyak sekali. Lebih dari 30 peserta yang aktif latihan, bahkan pada outbond kemaren daftar peserta outbond sebanyak 60 orang, sedangkan data dari arsip kesekretariatan yang di arsip oleh silvia dwi anggota mencapai 117 orang….jumlah yang bukan maen – maen menurutku…sedangkan pada saat ini tadi aku tulis ( aku menulis blog ini kira  – kira lamanya 2 minggu) ada 3 pendaftar peserta baru. Anggota baru tidak hanya mahasiswa saja, melainnkan juga anak – anak yang dititipkan orang tuanya untuk berprestasi. Namun disini rasanya timbul masalah bagi saya khususnya dan bagi pengurus khususnya. Bagi saya, aku punya pemikiran, bahwa tujuan orang tuanya memasukan ke PD pastilah untuk berprestasi (karena masih kecil – kecil tuh), nah…belum sempat tercapai cita – cita saya, yakni melatih/menjuruskan anak – anak itu agar belajar teknik fight (teknik pertandingan). Tapi mungkin seiring berjalannya waktu, hal ini akan terlaksana.

Bagaimana sisi administratif>???wkwkw…jawabannya adalah exellent….bagaimana tidak, kita dinobatkan sebagai satu – satunya ukm beladiri yang mendapatkan predikat nilai A. Selain itu, pada lomba managemen UKM, kita mendapatkan juara I. Keren G tuh!!!sisi administratif sudah mendapatkan sentuhannya di kepengurusan nya malik, mulai dari iuran kas, colected formulir pendaftaran, surat – menyurat, dan hubungan UKM dengan rektorat. bahkan kita juga udah membuat web site yang bentar lagi akan diluncurkan….www.ukm.pd.ugm.ac.id

gila G tuh!!!pengurus mampu merombak semua hal yang tiga tahun lalu, dirasa sangat tidak mungkin…ini kemajuan yang sangat besar sekali bagi PD UGM, dan yang harus dilakukan agar tidak sia – sia adalah pola kaderisasi…ya, yang perlu diperhatikan adalah pola kaderisasi agar pola ini tidak hilang.

dalam masa kepengurusan malik, sub bagian – bagian sudah melaksanakan tugasnya dengan baik, seperti mading UKM yang selalu update, kebersihan UKM yang selalu terpelihara (nyinder sich!!!), inventarisasi alat yang nambah buanyak!!!, Kegiatan – kegiatan pengembangan minat pencak silat para anggota apakah diarahkan ke fight, ato ke seni, ato bahkan ke organisasi. Selain itu runtutan acara yagn selalu terstruktural dan terprogram.

kegiatan – kegiatan yang dilakukan pada kepengurusan malig banyak sekali….akan saya buat blog sendiri.

2 Comments on PD UGM Dari Masa ke Masa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*