Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning PD UGM dalam “Pengangkatan Rahmat Gobel Sebagai Ketua Kehormatan Kelatnas Perisai Diri” in Bangsal Sri manganti, Kraton Yogyakarta oleh Sri Sultan HB IX – Andy eko wibowo

PD UGM dalam “Pengangkatan Rahmat Gobel Sebagai Ketua Kehormatan Kelatnas Perisai Diri” in Bangsal Sri manganti, Kraton Yogyakarta oleh Sri Sultan HB IX

Siapa Pak Rachmat GObel?kok Heboh bener???Ya iyalah…ya iya dunk!!!Beliau itu pemerhati silat sekaligus yang punya Perusahaan elektronik terkemuka (Panasonik), atau sebaliknya ya, pemilik perusahan terkemuka dan pemerhati silat…hehehe, Ne foto  Bapaknya :

DSCN0920-1 Cakep kan ? Berkharisma…. 

Nah…tentunya ceritanya dari sudut pandang anak UGM dunk, terutama sudut pandangku….Oke, langsung aja…cekidot!!!

Setelah beberapa minggu berlatih keras, akhirnya team Demonstrasi Perisai Diri UGM berhasil juga tampil dengan sukses pada acara ini. Kali ini Team Demonstrasi Perisai Diri UGM menampilkan tiga macam penampilan dari 6 penampilan. Cukup membanggakan memang, karena penampilan Demonstrasi Perisai Diri UGM sangat dominan daripada Unit – unit laennya. Tiga penampilan itu antara lain seni tunggal yang diperagakan oleh Binaan Pelatih – pelatih PD UGM, yakni Ade Jalu Tatit; Beregu Teknik Clurit oleh bolo kurowo Kendo, Joko, dan Iksan; dan enam Sri Kandi UGM cantik bagaikan dewi kumoratih (Vita, Rinda, Nadya, Dinar, Acha, dan Langit). Nah…inilah mereka….

PICT0319  Ne pemain pertama kita, Jalu Tatit. Pernah mewakili D.I. Yogyakarta dalam OSN Tingkat Nasional di Jakarta. Lagi In action mau tampil.

DSCN0850Ne si bolo kurowo, yang pernah menkontribusikan medali emas pada KEJURNAS PERISAI DIRI UNESA 29- 5 Desember 2009 lalu. Dari Kiri-kekanan : Iksan, Kendo, dan Joko. 

PICT0274Sri Kandi – sri kandi UGM, Dari sebelah kiri : Dinar, Nadya, Rinda, Langit, Vita, dan Acha. Mereka lagi mau siap – siap tampil neh!!!Tapi selain itu, masih ada 2 pemain cadangan, coz kita profesional. Ne cadangannya :

DSCN1128

Nama Angietha, mulanya atlet seni tunggal, berhubung pada saat seleksi acara ini, kalah dengan tatit, maka dia mutung, dan akhirnya berambisi menggantikan ke enam orang yang diatas. Dia selalu berharap agar dari keenam anak itu ada halangan, tapi nyatanya tidak.

DSCN1123-1 Cadangan kedua, Nama uwieck bow, Ambisi untuk tampil pada demonstrasi kipas kandas karena adanya perbedaan gender. Alhasil dia berinisiatif untuk merubah tampilannya menjadi seorang wanita tulen.

Dan ternyata eh ternyata, kedua cadangan itu tidak sia – sia dalam mengambil keputusan, karena mereka berdua setelah mengambil keputusan itu mampu menggaet dua cowok. Ne buktinya:

DSCN1124 Sie Uwieck mampu membuat jatuh cinta Mas Kendo dan Mas Angga, sedangkan Angietha nampak jelas pada foto dibawah, membuat kesengsem dua orang pria tampan.

DSCN1127 Nampak tangan kendo sudah mulai nakal, mereba – raba dadanya Angietha, hingga pada akhirnya angietha memilih andy untuk menjadi pasangannya. Ne buktinya:

DSCN1133Nampak, tatapan andy menandakan ingin mencintai angietha setulus hatinya sampai akhir hayat.

Hehehe….malah nglantur, serius dikit yuk bu….!!!. Kita mbicarain susunan acaranya dulu ya. Setelah Pembukaan dan menyayikan lagu wajib Indonesia Raya, tentunya tak lupa dilakukan hormat bunga sepasang yang dipimpin Ketua Umum Perisai Diri (Ir. Nanang Sumindarto). habis itu, trus acara sambut –sambutan antara lain laporan Ketua Panitia (Syaukat Ali), pembacaan Surat Keputusan oleh Drs. H. Bambang S, Mpd. Setelah acara sambut menyambut, akhirnya acara utama dimulai, yakni pengukuhan Bapak Rachmat Gobel sebagai Ketua Kehormatan ditandai dengan Pemasangan Sabuk oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X yang didampingi oleh ketua Umum Perisai Diri dan Dewan Pendekar Perisai Diri (diwakili Drs. Noer hasdijanto, SH.MBA). Ne fotonya kawan :

 

DSC01105

Tuh paK Rachmat Gobel lagi di pasangi sabuk oleh Ngarso Dhalem.DSC01107  setelah sabuk terpasang, di selamati oleh Ngarso Dhalem. Aku dan temen – temen jadi iri e…Pengen foto & Salim sama Ngarso Dhalem….DSC01110Dan secara Resmi, setelah Hormat Bunga sepasang, Bapak Rachmat Gobel Jadi Ketua Kehormatan. Akhirnya….. 

Setelah resmi menjadi Ketua Kehormatan, Bapak Rachmat Gobel menyampaikan pidato yang sangat apik dan rendah hati. Ne Foto pas Beliau menyampaikan pidato :

DSCN0896 Gagah kan?? Kapan ya aku bisa kaya gitu!!!

Beliau dengan rendah hati mengatakan bingung dengan penunjukan ini, karena baginya, belum pernah berbuat hal yang besar bagi kepentingan Pencak Silat pada umumnya dan perisai Diri pada khususnya. Sementara kita tahu, bahwa beliau merupakan pemerhati dan pecinta silat yang sangat oke dan keren. Bayangin deh, Salah satu kompetisi silat yang paling bergensi di Indonesia ini aja beliau yang bikin (itu lho, sirkuit Panasonic Award). Yang Perlu digaris bawahi dalam pidato ini adalah bahwa dengan diangkatnya beliau menjadi ketua kehormatan, maka ini adalah salah satu jalan dari beliau untuk mewujudkan cita – cita yang selama ini masih ada dalam keinginannya, yakni menjadikan Pencak Silat sebagai kebanggaan bangsa Indonesia dimata Dunia dan Pencak Silat sebagai salah satu budaya Bangsa Indonesia. (Semangat Bapak, Andy dan Temen – temen PD UGM akan bantu kok!!!Mantap Juaya buapaknya).

Nah….acara inti pada acara ini sudah usai, tapi justru acara inti kita (temen – temen PD UGM) baru saja dimulai. Yup…kita tampil, harap – harap cemas nech…sebagai salah satu trainer mereka, G mau kesalahannya Mas Mada pada foto yang terbit pada halaman utama KOMPAS 20 Agustus 2008  terulang (Kipas terbalik) dan Kesalahan Mbak Vita pada Ketoprak Banjaran Dies Natalis UGM terjadi lagi (temen – temen pada garuda, mbak vita sempok sendiri, wkwkwkw…). Sebelum naek ke panggung, anak – anak pada pemanasan. dan sebelum naek di panggung diwanti – wanti sama mas Bari “Jangan ampe salah “lagi”, soalnya klo salah, pasti akan di olok – olok andy seumur hidup…” . Aku ketawa ngakak denger itu, habisnya emang bener…!!!hahaha…Nah ini foto pas mau tampil, foto mas bari, dan foto ku yang deg – deg gan karena aku ditunjuk oleh temen – temen sebagai manager alias pelatih pendamping alias pembantu alias batur alias kacung alias pekathik:

 DSCN0909  Ne Jalu tatit, lagi pemanasan didampingi oleh pelatih sekaligus oficial sekaligus rival alias saingan, mas Angga. DSCN0913Mau tampil, sempet – sempetnya masih mengundi arisan. Vita said": sing ethuk arisan nomer loro, sopo absen loro, cuoook? (logat jawa timuran mode on) “. Rinda said”Gubyab wae ki, awak dewe arep tampil mbak, Gek les, ayo!!!”. Dinar said” bentar,permen karetku kok dilepeh G bisa – bisa ya,…o…ternyata nyantel kawat gigi…”DSCN0900

Mas Imron said “ gini lho tatit, carane jibe yang bener!!!”. Tatit said “ Mas imron, kok mambu enthut to? ojo disini to buang air besarnya, di WC aja!!!”. Mas Bari Ngalamun sambil berdoa “ Duh gusti, mugo – mugo ra ono sing salah, lancar kabeh”.

PICT0271Siap menclurit siapa saja yang menghalangi saya untuk mendapatkan para sri kandi…hahaha. Kendo lagi di kamar kecil jadi G kefoto.

Nah..inilah yang ditunggu – tunggu, kita berjuang, kita membuat kebanggaan, kita tampil. Penampilan kita dapat didownload di facebook perisai diri UGM. Ne foto – foto saat penampilan kita.

 DSC01127 Tatit berani banget tuh…nunjuk Sri Sultan HB X, duh…anak kecil G tau sopan santun…hehehe..bercanda, ne salah satu gerakan seni tunggalnya tatit.

DSCN0928Tebang Naga versi anak PD UGM, meskipun katanya belum sepenuhnya sempurna dalam teknik, tapi ya lumayanlah..coz yang nglakuin masih newbie di PD (Dasar II dan Cakel). Eh…Ada yang ijo biru ding, lupa!!!Ne orangnya:

DSCN0925Mantap Gan!!!Muantap Juaya…..bu!!!Semangat latihan ya dinar, ayo..temen – temen PD UGM mendukungmu menjadi asisten pelatih (Strip biru). Nb ": yang moto (memfoto ) Andy lho dinar, hehehe….keren kan?

Trus yang clurit Neh fotonya":

DSC01141 Tuh…keren kan? Tapi mereka juga G sopan lho?masa’ Ngarso dhalem diacung – acunggi clurit? Emang anak – anak UGM perlu nambah SKS, mata kuliah sopan santun.

Oh iya, ternyata salah satu pelatih PD UGM, juga ikut nampilin pertunjukan lho…Namanya mas imron dan mas Joko  “cilik”,ne orangnya :

DSCN0940 Ne gundul emang sengaja di masukin foto, sebab itu gundul temen kita juga lho…namanya double W, bukan WW, tapi Wa wa..hehehe….Mas Imron tuh yang bawa pedang, trus mas joko “kecil” yang bawa teken. Ada pelajaran yang dapat diambil dari serang hindar senjata ini, pelajaran itu adalah , adalah, adalah (hehehe, penasaran?), Intinya yang tua ( yang udah bawa teken) itu pasti menang.

Acara inti kita (demonstrasi) Alhamdulilah berakhir dengan sukses, meskipun dalam video terlihat  banyak yang harus di evaluasi. Tapi pada Intinya G ada kesalahan fatal yang di buat oleh temen – temen kita. Aku juga ikut lega, alhamdulilah….

Setelah sukses, akhirnya tiba acara mengisi mesiu alias karung yang diberi nyawa, saatnya MAKAN………… di tempat makan, ada kejadian yang aneh, yang sangat menakutkan dan mengerikan, bukan buat orang – orang, tapi hanya buat seorang, yaitu Rinda. Ne foto dia yang sedang ketakutan :

DSCN0965 Tetapi setelah di beri nasi lebih, akhirnya dia menjadi bahagia :

DSCN0964 Inilah ekspresi bahagianya dan agak malu – malu. Tapi taukah kalian? Apa yang membuat dia sangat ketakutan sekali. Ini dia yang membuat dia sangat ketakutan :

DSCN0966 Memang tahu sich, klo joko itu menakutkan, ato ‘gilani’. liat aja tatapan matanya memperlihatkan bahwa dia mencari mangsa untuk mencari tambahan nasi untuk perutnya. eits….tunggu dulu, yang membuat takut rinda bukan ini (bukan Joko), melainkan sesuatu yang ada dikotak makannya…apakah itu?Mau tau jawabannya?hubungi Rinda sendiri aja ya!!!!

Pada saat makan kita disuguhi dua tarian yang diperagakan penari Profesional, yakni “tari golek Putri dan Tari Lawung”. Dan Setelah selesai, akhirnya kita foto – foto. Eits….kalian jangan iri ya….(kenapa Iri??) liat aja foto dibawah ini :

DSCN1053 Tuh…pojok kanan, sapa coba??kita poto ama Beliau berdua (Narso dalem sama Rachmat Gobel). Tapi ternyata eh ternyata, ada anak ilang cui, ne foto anak ilang itu :

DSCN1054 TUh, foto di pojok kiri, tersangka yang terpisah dan memalukan kawan – kawannya karena berada di tempat yang salah. (tapi sebenernya yang salah yang memfoto [mas angga], gara – garanya kameranya masih tradisional, G bisa diperlebar lagi….jadinya g bisa foto jadi satu). Ah..mas Angga G profesional!!!

Tapi itu belum seberapa kawan- kawan, ternyata mimpi kita jadi kenyataan, kita akhirnya foto sama Ngarso Dhalem. Beliau ramah banget, bahkan kita sempat salim ma beliau. Jangan iri ya, ne fotonya :

DSCN1066 cei..cie…cie….piye ?kita foto ma sultan, hore!!!!hore!!!tuh, aku untungnya keliatan, meskipun fotonya gelap. Tapi ada yang G sopan juga lho ternyata cewek – cewek kita, ne fotonya :

DSCN1067 Tuh…G sopan sekali toh, masak, di VIta ma DInar, Nunjuk – nunjuk Ngarso Dalem…dasar tuh mereka!!!Tapi tau G?ada yang kecewa pas foto ini, coz mas angga G kebagian foto sama Ngarso dhalem, habisnya mas angga yang ngambil fotonya. trus pas mau foto, eh,…udah di dulu i pendekar – pendekar. Andy said”kacian dech lho, kapan – kapan aja ya mas fotonya, beberapa tahun lagi kaya e ada acara kaya gini lagi kok, tapi yang dilantik aku (amin!!!) 

eits…..tunggu dulu, ternyata kita juga foto sama pendekar kita yang hobi FB an (di Facebook on line terus lho )…coba tebak, sapa???Ne foto kita sama beliau:

DSCN1063 Yup, bener…Beliau adalah Mas Mono…

DSCN1062

Ada kejadian lucu nech…sebelum foto ini terjadi, coz pas kita minta foto sama beliau, secara spontan beliau nyeletuk “yang di FB ya?”..langsung aja kita ngakak dan serempak “ iya mas…..!!”..hehehe…..Entar kita Tag ya mas fotonya.

Nah…sesi selanjutnya kita bernarsis ria, kita foto – foto di Kraton, ini hasil – hasilnya:

DSCN1073 Ne adalah team Demonstrasi Kipas PERISAI DIRI UGM dalam rangka Pelantikan ini. Anggota kami yang G ikut masih banyak, coz kemaren diseleksi e, jadi G bisa tampil semua. (alesannya gara – gara waktu sempit!!!). Padahal ada wacana demo ini dibuat seperti kolosal itu, jadi ada iringin tabuhan.

DSCN1080 Team Kipas, tinggal pilih!!!mau yang mana?silahkan bawa!!!wkwkw…tapi dengan syarat lewati dulu cowok – cowok PD UGM…hahaha….

DSCN1087 DSCN1089

Slese dech cerita acara kali ini. Pada intinya acara kali ini sungguh keren dan sip banget. Harapan saya dan temen – temen PD UGM semoga dengan pelantikan Bapak Rachmat Gobel menjadi Ketua Kehormatan Perisai Diri bisa membawa kemajuan yang signifikan dalam tubuh KELATNAS PERISAI DIRI. TErus semangat PERISAI DIRI, maju terus, jangan pernah mundur. Keep Fight together.

Terakhir, klo ada PENGDA – PENGDA Perisai Diri se Indonesia atau Komisariat luar negeri yang ngadain acara penting, kita, PERISAI DIRI UGM siap menjadi tamu undangan untuk berdemonstrasi. Bisa pesan teknik apa aja yang akan ditampilkan, karena pelatih kita ahli dalam segala bidang (hehehe). Contac FB kami di PERISAI DIRI UGM. Kami tunggu ya!!!!

Oh..iya, kita juga harus berterima kasih buat temen – temen kita. Temen – temen kita yang udah membantu banyak baik semangat dan menemani kita latihan. Ne anak – anaknya :

DSCN0222 Yang dari depan itu ya: Ais, Dewi, Enci, dan akhir. Mereka tidak bisa ikut demonstrasi tapi bener – bener semangat dalam nemeni temen – temen latihan. selain itu kita juga berterima kasih ma siela, ari dompu, eni, Beli arya (Bali) dan Dian…mereka juga selalu nemeni kita latiah. Ne fotonya :

IMG_2211 Ne foto sila dan ari dompu….

IMG_2418ne foto eny yang lagi sedih gara – gara g ikut ke Kraton coz dia habis jatuh dari motor.

DSCN0677Ne foto dian dan beli arya.

DSCN0266 Eca dan Sari, mereka juga udah menemani kita buat latihan dan semangat juga lho…..sayang mereka juga belum bisa ikut…….

 IMG_5035Temen – temen PD UGM semuanya yang udah mendukung kita secara penuh….. 

IMG_5139

Yang penting, PD JAYA SELAMA – LAMANYA……

6 Comments on PD UGM dalam “Pengangkatan Rahmat Gobel Sebagai Ketua Kehormatan Kelatnas Perisai Diri” in Bangsal Sri manganti, Kraton Yogyakarta oleh Sri Sultan HB IX

  1. Qreeeeennnnnnnn……..!!
    Malem2 Bikin aQ ngakak..!
    andi gelooo..
    sampe2 temen Q nanya "Din-ding km knp siy, mau kiad donk, penasaran.. video ya?"
    hahhaa…
    Yang Lucu –> 2 cewe jadi2an.. huhu..
    ppsstt.. tp kok saya rada eksis ya?:D

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*